Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali

Ashari, Hasyim (2020) Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316091 HASYIM ASHARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ashari, Hasyim. 2020. Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Perspektif Imam Al-Ghazali
Pendidikan akhlak tidak dapat dipisahkan dari ruang lingkup pendidikan Islam. Sebab, tujuan pendidikan akhlak adalah untuk mencapai akhlak yang sempurna, merupakan puncak dari pelaksanaan tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Dengan kata lain, seorang muslim tidak dikatakan sempurna agamanya bila akhlak dalam kehidapannya tidak mencerminkan akhlak yang baik. Pendidikan akhlak adalah usaha sadar dan terencana untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan kedalam diri peserta didik, sehingga diharapkan akan terbentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu dibidang keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali?”.
Adapun penelitian yang digunakan peneliti adalah library research atau penelitian kepustakaan artinya, permasalahan dan pengumpulan data berasal dari kajian kepustakaan. Adapun data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder (pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali terkait dengan konsep pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi moral saat ini dapat dilakukan dengan membangun kualitas pendidikan terutama dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan. Untuk meningkatkan pendidikan akhlak, menanamkan akhlak yang bersifat permanen, membangun kepribadian Muslim yang kaffah. Selain itu Imam Al-Ghazali juga memaparkan mengenai langkah-langkah pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi yang terdiri dari, pendidikan akhlak yang berlandasan Al-Qur’an dan hadis, tujuan pendidikan akhlak, tahapan yang dicapai dalam pembentukan akhlak yaitu Tajalli, Takhalli, dan Tahalli. Serta metode pembentukan dengan cara keteladanan, At-Tajribah, Riyadhah, dan Mujahadah. Konsep pendidikan akhlak oleh Imam Al-Ghazali dapat disesuaikan pada pendidikan saat ini, karena konsep pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali selaras dengan pendidikan agama Islam didalam kurikulum saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HARJALI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:06
Last Modified: 23 Dec 2020 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item