Pendidikan Multikultural (Telaah Qs. Al-Hujurat 11-13 Dalam Kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim karya Ibnu Katsir)

Satrio Nugroho, Adham (2020) Pendidikan Multikultural (Telaah Qs. Al-Hujurat 11-13 Dalam Kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim karya Ibnu Katsir). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_Adham Satrio Nugroho_ 210315195_ PAI .pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nugroho, Adham satrio. Pendidikan multikultural (Telaah QS. Al-hujurat 11- 13 dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag.
Kata Kunci : Pendidikan, Multikultural, ukhuwah
Beberapa hal yang menjadi problematika pendidikan di Indonesia ialah keberhasilan pendidikannya hanya diukur dari keunggulan ranah kognitiif saja dan nyaris tidak mengukur ranah afektif dan psikomotorik, sehingga pendidikan watak dan budi pekerti terabaikan. Sehingga sering terjadi berkelahian antar kelompok pelajar, bullying dan sebagainya. Maka itu, memerlukan pendidikan multitkulttural dalam QS. Al-Hujurat: 11-13 sebagai konsep dalam keanekaragaman sosial.
Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang konsep pendidikan multikultural dan nilai- nilai mutikutural Telaah QS. Al-hujurat 11- 13 dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir dengan judul : Pendidikan multikultural (Telaah QS. Al-hujurat 11- 13 dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir). Dengan Rumusan masalah sebagai berikut:1)Bagaimana konsep pendidikan multikultural Telaah QS. Al-Hujurat 11-13 dalam Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir? 2) Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam pendidikan multikultural telaah QS. Al-Hujurat 11-13 dalam Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir?.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa kepustakaan (library research). Sumber data Dalam penelitian library research dapat diperoleh dari bahan-bahan pustaka, penelitian ini mengambi data dari kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir dan didukung oleh sumber-sumber yang berkaitan dengan pendidikan multikultural. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah menggunakan metode dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis menggunakan menggnakan teknik content analysis (analisis isi).
Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1)konsep pendidikan multikultural (Telaah QS. Al-Hujurat: 11-13 dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir) ialah ukhuwah islamiyah, tawasuth, tasa>muh}/toleransi, kebersamaan dan kesetaraan. 2) Nilai-nilai multikultural dalam Qs. Al-Hujurat 10-13 ada 8 nilai, yaitu rasa persaudaraan, perdamaian, Menolak sikap merendahkan, mengolok-olok dan menghina, Menolak mencela dan diskriminasi, Larangan Berpurba Sangka, Larangan mencari kesalahan orang lain (tajassus), Larangan menggunjing atau ghibah, Kebersamaan dan kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:05
Last Modified: 23 Dec 2020 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item