Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perjanjian Kerja Bengkel Las Abadi Jaya Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Kriswinarto, Anis (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perjanjian Kerja Bengkel Las Abadi Jaya Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANIS Kriswinarto upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kriswinarto, Anis. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perjanjian Kerja Bengkel Las Abadi Jaya Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M. H.I.
Kata Kunci : Ijarah,Ujrah
Salah satu kegiatan muamalah adalah ija>rah dalam bentuk sewa-menyewa, maupun dalam bentuk upah- mengupah, merupakan muamalah yang telah disyariatkan dalam Islam. Dalam ija>rah ada banyak jenisnya tetapi yang akan dibahas adalah ija>rah di bidang jasa yaitu di Bengkel Las Abadi Jaya yang dimana dalam melakukan kontrak kerja pemilik hanya melakukan kontrak secara lisan karena kebanyakan karyawan merupakan teman dari pemilik Bengkel. Karyawan di Bengkelas Abadi di hitung upah secara harian dan pemberian upah dilakukan tiap minggu prmilik Bengkel Las selalu memberikan upah tepat waktu akan tetapi suatu ketika pemilik Bengkel menangguhkan upah karyawan padahal dalam kontrak kerjanya tidak ada kesepakatan akan adanya penagguhan upah .
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni, 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerja Bengkel Las Abadi Jaya di Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistim upah Bengkel Las Abadi Jaya di Desa Singgahan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode induktif.
Dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan 1) Perjanjian kerja di bengke Las Abadi Jaya sudah sesuai dengan Hukum Islam, karena sudah sesuai dengan rukun dan syarat dalam perjanjian kerja. 2) Sistem pengupahan di bengkel Las Abadi Jaya desa Singgahan kecamatan Kebonsari kabupaten Madiun dalam hal penangguhan upah ini belum sesuai dengan hukum Islam karena pada akad awal kerja pemilik tidak pernah mengatakan akan mengaguhkan upah karyawan akan tetapi pada kenyataannya pemilik menagguhkan gaji karyawan karena adanya keterlambatan dari konsumen dan tidak ada kopensasi dari masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:04
Last Modified: 23 Dec 2020 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12542

Actions (login required)

View Item View Item