Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi

mualif, nursan (2020) Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nursan_Mualif-210613181.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mualif, Nursan. 2020. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV MI Islamiah Kedung Jambu, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing Edi Irawan, M.Pd.

Kata kunci: Smartphone, Kecerdasan Emosional.

Smartphone pada masa kini menjadi kebutuhan yang umum bagi masyarakat. Dengan terus-menerus bermain smartphone, anak akan sibuk sendiri tanpa memikirkan lingkungan di sekitarnya. Anak perlu dibatasi dalam penggunaan smartphone. Jangan sampai anak punya ketergantungan dengan smartphone sejak kecil. Mengasah kecerdasan emosional sejak kecil bisa menumbuhkan kompetensi sosial pada anak. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa empati terhadap anak.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan smartphone siswa di MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi. 2) Untuk mengetahui kecerdasaan emosional siswa di MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan smartphone terhadap kecerdasan emosional siswa di MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah causalitas comparative atau hubungan sebab akibat. Pendekatan dasar kausal komparatif melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari mengidentifikasi pengaruh variabel mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya, kemudian mencari kemungkinan variabel penyebabnya. Dalam penelitian ini karena jumlah populasi kurang dari 30 maka populasi dijadikan sampel semua dengan menggunakan sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penggunaan smartphone dan kecerdasan emosional. Teknik analisis data menggunakan uji SPSS.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) secara umum penggunaan smartphone siswa ada tiga kriteria, yakni: a) pengguna berat sebanyak 41,7% siswa. b) pengguna sedang sebanyak 50% siswa. c) pengguna ringan sebanyak 8,3% siswa. 2) secara umum kecerdasan emosional sebanyak 25% siswa menunjukkan kriteria tinggi. Sebanyak 58,3% siswa menunjukkan kriteria sedang. Dan sebanyak 16,6% siswa menunjukkan kriteria rendah. Dengan demikian tingkat kecerdasan emosional siswa MI Islamiyah Kedung Jambu adalah rata-rata sedang. 3) terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV MI Islamiyah Kedung Jambu. Tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka menunjukan bahwa ada pengaruh antar penggunaan smartphone terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV MI Islamiyah Kedung Jambu Paron Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:03
Last Modified: 23 Dec 2020 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item