(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN) Pengaruh Kepemimpinan Kiai dan Penerapan Hukuman (Ta'zir) terhadap Disiplin Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Hamidiyah, Isna Iffatul (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN) Pengaruh Kepemimpinan Kiai dan Penerapan Hukuman (Ta'zir) terhadap Disiplin Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ISNA IFFATUL HAMIDIYAH_211216055.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hamidiyah, Isna Iffatul. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kiai dan Penerapan Hukuman (Ta’zir) terhadap Disiplin Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I

Kata Kunci : Kepemimpinan Kiai, Penerapan Hukuman, Disiplin Santri.

Disiplin merupakan salah satu unsur kualitas sumber daya manusia. Mendisiplinkan melalui jalan pendidikan merupakan tugas dari setiap lembaga pendidikan, tak terkecuali bagi pondok pesantren yang dipimpin oleh kiai. Pendidikan kedisipinan yang dilakukan oleh kiai kepada santrinya tercermin dalam kegiatan pembiasaan yang didukung dengan keahlian dan kedalaman ilmu, kharisma dan wibawa kiai. Penggunaan hukuman atau ta’zir dalam dunia pendidikan juga penting, ta'zir atau hukuman ini dapat digunakan secara efektif untuk menghentikan perilaku siswa atau santri yang tidak patuh menjadi patuh yang secara langsung akan tertanam sikap disiplin.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan kepemimpinan kiai terhadap disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo; 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan hukuman (ta’zir) terhadap disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo; 3) Untuk mengetahui adakah Pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kiai dan penerapan hukuman (ta’zir) terhadap disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability Sampling. Model yang dipilih adalah simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS Versi 17.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh signifikan kepemimpinan kiai terhadap disiplin santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo sebesar 21% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,05); 2) Ada pengaruh signifikan penerapan hukuman (ta’zir) (ta’zir) terhadap disiplin santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo sebesar 17% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,05;) 3) Ada pengaruh signifikan kepemimpinan kiai dan penerapan hukuman (ta’zir) terhadap disiplin santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo dengan sebesar 33,7% dengan nilai Fhitung = 17,549 ( > Ftabel = 3,13).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:54
Last Modified: 23 Dec 2020 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item