( GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN AGAR MATERAI TERLIHAT JELAS) Upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas akhlak remaja fi Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan

Prasetya, Riesky Dinar (2020) ( GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN AGAR MATERAI TERLIHAT JELAS) Upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas akhlak remaja fi Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIESKY DINAR PRASETYA PAI.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

Prasetya, Riesky Dinar. 210315069. Upaya Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kulaitas Akhlak remaja Di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. H. Muhklison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci : Pemerintah Desa, Akhlak Remaja.
Pentingnya akhlak bagi masyarakat, khususnya akhlak para remaja akan sangat mempengaruhi regenerasi pemerintahan di masa yang akan datang. Jadi pemerintah desa juga dapat berperan dalam membentuk akhlak remaja melalui program atau kegiatan-kegiatan yang ada di desa. Pergaulan remaja pada saat ini perlu mendapat perhatian khusus, karena pada masa sekarang pergaulan remaja sangat mengkhawatirkan dikarenakan perkembangan arus modernisasi yang mendunia serta menipisnya moral dan keimanan seseorang khususnya remaja pada saat ini. Akhlak menjadi landasan penting bagi remaja saat ini.
Penelitian ini untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas akhlak remaja yang dilakukan pemerintah desa di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini juga untuk mengetahui implikasi upaya peningkatan kualitas akhlak oleh pemerintah desa terhadap kualitas akhlak remaja di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek peneliti pada saat sekarang, sebagaimana fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan yaitu, data reduction, data display, dan conclution. Remaja yang seharusnya berakhlak baik, namun dalam realitanya ternyata akhlak remaja masih kurang sehingga perlu ditingkatkan ataupun pembinaan.
Kondisi remaja di Desa Sukoharjo dikatakan lebih baik. Hal ini dikarenakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukoharjo dalam meningkatkan kualitas akhlak remaja di Desa Sukoharjo berhasil merubah karakter remajanya yang semula kurang baik menjadi lebih baik ini dikarenakan keantusiasan peran masyarakat dalam mendukung setiap kegiatan-kegiatan yang di selengarakan oleh Pemerintah Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 06:48
Last Modified: 22 Dec 2020 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item