Analisis Hukum Islam Terhadap Jasa Air Irigasi Waduk Pondok Di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi

Lestari, Ayu Eka Puji (2017) Analisis Hukum Islam Terhadap Jasa Air Irigasi Waduk Pondok Di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JASA AIR IRIGASI WADUK PONDOK DI KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Ija>rah adalah transaksi sewa-menyewa atas suatu barang dan atau upah mengupah atas suatu jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa atau imbalan jasa. Upah adalah suatu yang wajib diberikan oleh penyewa sebagai kompensasi dari manfaat yang ia dapatkan. Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa. Praktek jasa air irigasi Waduk Pondok di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi ini objek yang dijasakan adalah tenaga dari pengurus HIPPA irigasi masing-masing desa. Setiap desa mempunyai ketentuan sendiri-sendiri untuk menentukan besaran iuran dan prosentase pengambilan upahnya.
Berdasarkan fenomena tersebut penulis bermaksud menganalisis peristiwa ini dari sudut pandang hukum Islam. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana analisis hukum Islam terhadap akad jasa air irigasi Waduk Pondok di kecamatan Padas Kabupaten Ngawi dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap perbedaan pembayaran upah pada jasa air irigasi Waduk Pondok di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, sehingga penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dengan metode deduktif dengan pengolahan menggunakan editing, organizing, dan penemuan hasil riset.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa jasa air irigasi Waduk Pondok di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi ini termasuk dalam akad ija>rah yaitu ija>rah ‘amal karena karena terjadi perikatan tentang pekerjaan antara petani sebagai pengguna jasa air irigasi dengan pengurus HIPPA desa. Selain itu, pemberian upah juga diperbolehkan dengan mewakilkan kepada seseorang yang ditunjuk sebagai wakil. Perbedaan pembayaran upah pada jasa air irigasi Waduk Pondok di Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi adalah boleh karena perbedaan tersebut adalah hasil dari kesepakatan dalam musyawarah bersama yang dilakukan oleh seluruh anggota HIPPA masing-masing desa. Selain itu, di dalam Islam tidak ada persyaratan antara upah yang satu dengan yang lain harus sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:50
Last Modified: 22 Dec 2020 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item