(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Upaya Guru Dalam Pembinaan Akhlak Melalui Budaya Religius Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Jenangan Ponorogo

Rahmawati, Yuli Anita Eka (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Upaya Guru Dalam Pembinaan Akhlak Melalui Budaya Religius Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD E THESIS FIX 210316386 YULI ANITA EKA RAHMAWATI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Yuli Anita Eka, . 2020. Upaya Guru dalam Pembinaan Akhlak melalui Budaya Religius Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di Sekolah Luar
Biasa Negeri Jenangan Ponorogo). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Upaya Guru, Pembinaan Akhlak, Budaya Religius dan Anak Berkebutuhan Khusus
Para guru di SLB Negeri Jenangan Ponorogo melakukan pembinaan akhlak melalui budaya religius yang ada di sana seperti contohnya sholat dhuha, dzuhur berjama’ah dan juga pembiasaan berjabat tangan kepada guru sebelum masuk sekolah yang rutin dilakukan setiap hari, dengan pembiasaaan yang seperti itu di harapkan agar guru memberikan kontribusi yang positif.
Penelitian ini terdiri atas sejumlah tujuan rumusan masalah: (1) Agar mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembinaan akhlak melalui budaya religius bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Jenangan Ponorogo? (2) Agar mengetahui apa saja problematika guru dalam pembinaan akhlak melalui budaya religius bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Jenangan Ponorogo? (3) Agar mengetahui bagaimana implikasi guru dalam pembinaan akhlak melalui budaya religius bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Jenangan Ponorogo?
Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan teknik analis data Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Upaya guru untuk melakukan pembinaan akhlak melalui budaya religius dengan menggunakan pembiasaan berupa pembiasaan sholat dzuhur dan dhuha berjama’ah dan juga menerapkan pembiasaan anak-anak untuk berjabat tangan dengan guru-guru sebelum masuk ke dalam sekolah. (2) Problematika yang di hadapi anakanak yaitu keadaan anak yang membuat adanya perbedaan diantara mereka. Yang kedua yaitu keadaan dari orang tua anak itu sendiri karena masing-masing orang tua memiliki karakter dan kesibukan yang berbeda-beda. (3) Implikasi dalam penerapan budaya religius di SLB Negeri Jenangan Ponorogo yaitu anak-anak melakukan pembiasaan budaya religius tersebut tidak hanya ketika di sekolah saja tetapi juga di rumah mereka menerapkan pembiasaan budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:34
Last Modified: 22 Dec 2020 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item