Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Suku Cadang Kendaraan Bekas DiPasar Logam Jaya Madiun

Musta'in, Muhammad ali (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Suku Cadang Kendaraan Bekas DiPasar Logam Jaya Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ALI MUSTAIN upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muahammad Ali Mustain, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Suku Cadang Kendaraan Bekas Di Pasar Logam Jaya Madiun,Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Hj. Atik Abidah, M.S.I
Kata Kunci: Jual Beli, Suku Cadang/Sperpart.
Manusia merupakan makhluk sosial, yang hidup saling berdampingan dan salin membutuhkan satu sama yang lain dalam memenuhi kebutuhan. Salah satu bentuk muamalah untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang sering terjadi masyarakat adalah jual beli. Dalam Islam jual beli harus sesuai dengan syariat Islam, baik dari segi syarat maupun rukun. Salah satu syarat jual beli adalah bahwasanya dalam melakukan akad jual beli harusnya barang yang dijual belikan harus dapat diketahui baik dari segi fisik maupun kualitasnya dan darimana barang tersebut didapat. Adanya unsur ghar̵̵ār dan tadlīs dapat menyebabkan cacatnya suatu akad transaksi jual beli. Sebagaimana dalam transaksi jual beli suku cadang kendaraan bekas mengenai kualitas objek barangnya terhadap pembeli agar tidak menimbulkan keraguan dan merugikan salah satu pihak dan mengenai adanya .
Berdasarkan latar belakang tersebut dengan ini, permasalahan yang perlu penulis bahas dalam penelitian tersebut adalah: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli suku cadang kendaraan bekas dipasar logam jaya madiun ? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli suku cadang kendaraan bekas dipasar logam jaya madiun ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode induktif dengan hukum islam.
Dari skripsi ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Dalam praktik akad jual beli suku cadang kendaraan di Pasar Logam Jaya Madiun tidak sesuai syarat dan rukun jual beli menurut hukum Islam dikarenakan ada pihak penjual tidak transaparasi dalam melakukan akad jual beli dan menjelaskan secara terperinci mengenai kualitas barang tersebut. 2) Mengenai objek jual beli suku cadang kendaraan bekas ini tidak sesuai dengan syarat objek jual beli dalam hukum Islam dikarenakan adanya kecacatan terhadap barang yang diperjual belikan namun tidak dijelaskan dalam akad transaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:34
Last Modified: 22 Dec 2020 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item View Item