Upaya Guru Dalam Menjaga Konsentrasi Belajar Santri Madrasah Diniyah Nurus Syifa, Dusun Gupak Warak, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo.

Yusalis, Eli (2020) Upaya Guru Dalam Menjaga Konsentrasi Belajar Santri Madrasah Diniyah Nurus Syifa, Dusun Gupak Warak, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316162_ELI YUSALIS_ RTF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yusalis, Eli. 2020. Upaya Guru dalam Menjaga Konsentrasi Belajar Santri Madrasah Diniyah Nurus Syifa Dusun Gupak Warak, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Konsentrasi, Belajar, Santri.
Konsentrasi belajar mutlak perlu dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan konsentrasi belajar besar pengaruhnya terhadap hasil serta tujuan dari pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak santri yang tidak berkonsentrasi saat pembelajaran, dalam pembelajaran di kelas masih banyak siswa yang kurang memahami dan memperhatikan pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar santri madrasah diniyah nurus syifa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kegiatan belajar mengajar santri, (2) upaya yang dilakukan guru dalam menjaga konsentrasi belajar santri, (3) faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar santri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpuan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teori Miles dan Huberman, dengan tiga tahap yaitu : tahap reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1). Penerapan kegiatan belajar mengajar santri dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi menyiapkan santri secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yaitu dengan membaca do’a, dan surat al-fatihah yang ditujukan untuk mendoakan para guru hingga nabi Muhammad SAW, orang tua, kemudian dilanjutkan dengan hafalan juz 30. Dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu mengaji sorogan. Dan terakhir kegiatan penutup yaitu membaca asma’ul husna dan do’a selesai mengaji yang kemudian ditutup dengan do’a dan salam; 2). Upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar santri: membuat ruang kelas menjadi kondusif, memainkan games, menggunakan strategi jargon yang merupakan ciri khas madin nurus syifa, menggunakan pendekatan-pendekatan, ber syi’iran, menggunakan humor; 3). Faktor pendukung konsentrasi belajar santri yaitu diantara nya : menggunakan strategi, guru tegas dan menyenangkan dalam mengajar, pemberian ice breaking, dan kelas yang kondusif; sedangkan dari segi faktor penghambat yaitu: kekurangan waktu, keadaan rohaniah (psikologis) siswa yang terganggu, guru yang tidak hadir (izin);

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:33
Last Modified: 22 Dec 2020 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item View Item