MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 04 PONOROGO

Marchaban, Achmad (2020) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 04 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD_210316429_ACHMAD_MARCHABAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Marchaban, Achmad, 2020. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Ponorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Kepemimpinan, Profesionalitas
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan. Sebagai pemimpin, kepala sekolah dituntut untuk dapat meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam seiring dengan perkembangan zaman. Dengan begitu guru PAI haruslah memiliki kompetensi yang baik demi untuk mejawab kebutuhan masyarakat yaitu manusia yang memiliki moral, budi pekerti, dan akhlak. Dari hal tersebut peran kepala sekolah untuk memanajemen dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI jelas sekali dibutuhkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru pendidikan agama islam SMPN 04 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru pendidikan agama islam SMPN 04.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di SMPN 04 Ponorogo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi non partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah di SMPN 04 Ponorogo telah melakukan manajemen kepemimpinan dengan baik dalam upayanya meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMPN 04 Ponorogo. (2) Faktor pendukung: motivasi yang diberikan dari kepala sekolah untuk guru, guru-guru muda yang mampu menggunakan teknologi dengan baik, kreativitas dari guru-guru muda. Faktor penghambat: kurangnya semangat dari guru-guru PAI dalam meningkatkan kinerjanya, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan dalam upayanya meningkatkan profesionalitas guru PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:30
Last Modified: 22 Dec 2020 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item