PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA JAMAAH YASIN DI DESA TAPELAN BALEREJO MADIUN

SUYUDI, MAHMUT (2020) PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA JAMAAH YASIN DI DESA TAPELAN BALEREJO MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_210316181_MAHMUT_SUYUDI[1].pdf

Download (701kB)

Abstract

ABSTRAK

Mahmut Suyudi, 2020. Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Pada Jamaah Yasin Di Desa Tapelan Balerejo Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Peran, Majelis Taklim, Perilaku Keagamaan, Jamaah Yasin.
Hampir setiap daerah dapat dengan mudah kita jumpai yang namanya majelis taklim, baik dari yang kecil hingga majelis taklim yang memiliki jumlah anggotanya banyak. Akan tetapi apakah sudah kita ketahui apa sebenarnya tujuan fungsi dan peran majelis taklim ini dalam masyarakat, dan juga bagaimana majelis taklim ini dalam memberikan konstribusinya di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu peneliti merasa penelitian mengenai majelis taklim ini sangat penting dikarenakan sebagai masyarakat muslim terbesar di dunia, yaitu masyarakat Indonesia, kita juga akan hidup di tengah-tengah masyarakat yang nantinya juga akan bersentuhan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan majelis taklim ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa peran majelis taklim dalam meningkatkan perilaku keagamaan pada jamaah dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keagmaan pada jamaah yasin di desa Tapelan Balerejo Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan alat pengumpulan datanya meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran majelis taklim sebagai pembinaan dalam meningkatkan perilaku keagamaan pada jamaah yasin di desa Tapelan cukup signifikan. Hal ini terlihat dari pernyataan para jamaahnya ketika di lakukan wawancara. Kebanyakan dari mereka mengatakan banyak manfaat setelah mengikuti majelis taklim ini, seperti yang sebelumnya tidak pernah melakukan ibadah sunnah sekarang setelah ikut pengajian menjadi lebih giat ibadah sunnahnya. (2) Faktor yang mempengaruhi peran majelis taklim dalam meningkatkan perilaku keagamaan pada jamaah yasin di Desa Tapelan Balerejo Madiun ada dua yaitu intern dan ekstern. Faktor intern yaitu fitrah mereka sebagai manusia untuk medekatkan diri kepada Allah dan juga menyadari bahwa dirinya masih kurang dalam ilmu agama. Sedangkan faktor ekstern yaitu berupa pendidikan yang diperolehnya baik dari lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:28
Last Modified: 22 Dec 2020 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item