Tinjauan Hukum Islam Terhadap Takaran Dalam jual Beli Bibit Jangkrik Di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun

Ali Mustaqim, Muhammad (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Takaran Dalam jual Beli Bibit Jangkrik Di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FIXX_UPLOAD-1[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ali Mustaqim, Muhammad, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Takaran Dalam Jual Beli bibit jangkrik di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata kunci/keywod: Jual Beli, Takaran, Gharar
Dalam transaksi jual beli rukun dan syarat harus terpenuhi, dan dalam jual beli haruslah mengedepankan prinsip kejujuran, keadilan dan kebenaran, karena hal itu merupakan nilai terpenting. Salah satunya jual beli bibit jangkrik yang dilakukan oleh masyarakat Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun dalam hal ini ada unsur ketidaktepatan dalam jumlah takaran atau timbangan yang di gunakan dalam jual beli bibit jangkrik tersebut, sehingga dalam pelaksanaanya mereka menjual bibit jangkrik tersebut dengan menggunakan timbangan bukan dengan jumlah perekor bibit jangkrik karena dengan cara perekor bibit jangkrik dapat memakan waktu dan proses yang sangat lama. Dan disinilah yang menjadi permasalahan pembeli setelah ditimbang lagi ternyata berat dari pembelian bibit jangkrik tersebut kurang, sehingga tidak sesuai dengan harapan pembeli dan dalam Hukum Islam. Dalam proses Penetapan Harganya antara penjual dan pembeli sudah menyetujui karena dengan harga yang cukup mahal tersebut menurutnya sudah sesuai dengan standart pasar yang ada.
Berdasarkan latar belakang tersebut dengan ini, permasalahan yang perlu penulis bahas dalam penelitian tersebut adalah: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Takaran dalam jual beli bibit jangkrik di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun? 2) Bagaimanakah Penetapan Harga terhadap jual beli bibit jangkrik di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun?
Dalam rangka menemukan data dan hasil dalam jenis penelitian lapangan ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis induktif. Sedangkan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi. Kemudian data tersebut diolah melalui tahapan editing,organizing, dan penemuan hasil riset.
Dari skripsi ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Dalam praktek jual beli bibit jangkrik yang berada di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun, ada beberapa permasalahan yaitu bahwa jumlah takaran jual beli tersebut mengandung unsur ketidak tepatan, meskipun setiap takarannya sudah memiliki jumlah patokan yang sudah ditetapkan Sehingga tidak sesuai dengan syarat dan rukun dalam hukum islam. Karena proses takaran bibit jangkrik tersebut merupakan tindakan yang tidak adil yang dapat merugikan salah satu pihak, untuk Penetapan harga dalam praktik jual beli bibit jangkrik di Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun, tidak menyimpang dari hukum islam dan hukumnya sah. Karena pihak lain tidak ada yang merasa dirugikan dan tidak bertentangan dengan ketentuan nash.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: hj. Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2020 00:45
Last Modified: 22 Dec 2020 00:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item