IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH MENGGUNAKAN PANCA JIWA PONDOK DI MADRASAH ALIYAH WALI SONGO NGABAR KABUPATEN PONOROGO

Arif, Muhammad Habibul (2020) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH MENGGUNAKAN PANCA JIWA PONDOK DI MADRASAH ALIYAH WALI SONGO NGABAR KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316023 MUHAMMAD HABIBUL ARIF.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arif, Muhammad Habibul, 2020. Implementasi Budaya Sekolah Menggunakan Panca Jiwa Di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar Kabupaten Ponorogo, Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Panca Jiwa, Pondok
Masalah penelitian ini adalah pelaksanaan budaya sekolah mengembangkan pendidikan karakter santri di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar. Yang mana pada hakikatnya Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar itu berada dalam Lembaga Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar yang mana memang berbasis Pondok Pesantren Modern. Budaya yang berada dilingkungan Pondok Pesantren akan menghasilkan Pendidikan karakter yang berbeda dengan Pendidikan yang berada di madrasah umum.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi budaya sekolah Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar, (2) implementasi budaya sekolah menggunakan Panca Jiwa Pondok di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar (3) mengetahui hambatan dan solusi dalam melaksakan budaya sekolah. Sehingga upaya yang dilakukan oleh madrasah yaitu (1) penanaman kebiasaan madrasah (2) pembiasaan budaya sekolah (3) membimbing santri dalam lingkungan madrasah.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian berada di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek diwawancarai oleh peneliti untuk digali datanya lebih mendalam, di antaranya seperti: Kepala Madrasah, Kesiswaan, Ustad Pengajar.
Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data ditemukan bahwa (1) budaya sekolah di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar diselenggarakan budaya sekolah diterapkan oleh Tarbiyatul Mu’allimin Wa Mu’allimat Al-Islamiyah TMI/TMt-I yang mana sebagai badan Lembaga Pendidikan MTS dan MA Wali Songo Sehingga Budaya sekolah yang ada di madrasah selaras dengan visi dan misi madrasah, yang mana menjamin kesuksesan dalam menanamkan karakter pada santri dan budaya sekolah yang diterapkan dengan berasas Panca Jiwa Pondok . (2) implementasi budaya sekolah di Madrasah Aliyah Wali Songo Ngabar menggunakan panca jiwa pondok yang menjadi budaya sekolah dalam membentuk karakter santri ini sangat berdampak positif serta mencerminkan Panca Jiwa Pondok, yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah isalamiyah dan kebebasan (3) hambatan di madrasah sangatlah dipengaruhi oleh seluruh warga madrasah yaitu ustad-ustad/guru-guru dan juga para santri/siswa. Solusi dari hambatan yang ada di madrasah ini dengan cara menghimbau, mengingatkan serta memberikan sanksi yang mendidik seperti menghafal surat dan membersihkan lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu’man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2020 09:33
Last Modified: 21 Dec 2020 09:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item