WAKAF PRODUKTIF YAYASAN ADDIN AS-SHIDDIEQ, DESA PADI, KEC. TULAKAN, KAB. PACITAN PERSEPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

Wahyu Nur, Alfiyan (2020) WAKAF PRODUKTIF YAYASAN ADDIN AS-SHIDDIEQ, DESA PADI, KEC. TULAKAN, KAB. PACITAN PERSEPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
tesis wakaf produktif (wahyu N. A . 503180023).pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2020 tingkat kemiskinan di Kabupaten Pacitan sebesar 13% atau hanya sekitar 75.000 Jiwa dari total 580.000 jiwa penduduk. Angka ini masih di atas angka kemiskinan Propinsi Jawa Timur (11,09%) maupun Nasional (7,38%), pada tahun yang sama. Dalam mengatasi kemiskinan tersebut sebuah pondok pesantren Addin As Shiddieq mengadakan pengelolaan wakaf produktif, akan tetapi dalam pengelolaan wakaf tersebut belum terkelola dengan baik sebagaimana organisasi-organisasi wakaf produktif lainya. Strutur organisasi pengelolaan wakaf produktif yayasan Addin As Shiddieq hanya terdiri dari nadzir dan pengelola harta wakaf tersebut. Sehingga hal ini dapat berpengaruh dalam kepercayaan para wakif. Berangkat dari masalah tersebut penulis mengambil rumusan masalah: 1. Bagaimana manajemen wakaf produktif di Ponpes Addin As-Shiddieq menurut Total Quality Manajemen, 2. Bagaimana Dampak manajemen wakaf Produktif Yayasan Addin As-Shiddieq terhadap produktifitas wakaf terebut, 3. Bagaimana Dampak wakaf Produktif Yayasan Addin As-Shiddieq terhadap Masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian metode Kualitatif. Karena Metode Kualitatif merupakan sebuah prosedur yang menghasilkan data Deskriptif berupa data lisan atau tertulis di masyarakat. Metode Kualitatif dalam penelitian ini untuk memperoleh informasi terkait pengelolaan harta wakaf Produktif Addin As-Shidieq. Dengan informasi yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan karakteristik dari Total Quality Management (TQM). Dari ke lima kriteria yang telah disebutkan Ma Mannan, manajemen Wakaf Produktif Yayasan Addin As Shiddieq masih kurang dalam point 4 yaitu mencatat segala hal yang berkaitan dengan beneficiary. Dikarenakan manajemen Wakaf Produktif Yayasan Addin As Shiddieq belum terbentuk terkait sekretaris, dan bendahara. Tugas dari sekretaris dan bendahara masih dipegang oleh petugas pengelola jasa sewa harta wakaf produktif tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:26
Last Modified: 21 Dec 2020 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item