(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB SISWA KELAS III MI MA'ARIF SETONO JENANGAN PONOROGO

Laila, Aprilia Fitri Nur (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB SISWA KELAS III MI MA'ARIF SETONO JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210615047_APRILIA FITRI NUR LAILA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Laila, Aprilia Fitri Nur. 2020. Implementasi Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Arab Siswa Kelas Iii Mi Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (GMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN PONOROGO). Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kaligrafi, Keterampilan Menulis Arab.

Berdasarkan penelitian lapangan yang sudah saya lakukan bahwa di MI Ma’arif Setono terdapat beberapa siswa yang kurang terampil dalam menulis huruf Arab.
Dari permasalahan yang ada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi kelas III di MI Ma'arif Setono, (2) untuk mendeskripsikan dampak positif adanya kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III MI Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo, (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III MI Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo.

Berdasarkan analisis data ditemukan (1) pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi di MI Ma’arif Setono dilaksanakan diluar jam pelajaran, setiap hari sabtu mulai pukul 09.45 sampai pukul 11.00 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas III MI. (2) dampak pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi terhadap pengembangan bakat dan keterampilan menulis huruf Arab siswa kelas III MI Ma’arif Setono adalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis Arab, dengan adanya ekstrakurikuler kaligrafi maka siswa dapat menulis huruf Arab sesuai dengan kaidahnya. (3) faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III MI Ma’arif Setono adalah dukungan dari pihak sekolah dengan memberikan fasilitas yang mewadahi kepada siswa, dukungan dari orang tua sangat membantu keberhasilan dan semangat siswa dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang cukup memadahi dapat memberikan rasa nyaman dan memudahkan siswa dalam belajar kaligrafi, materi kaligrafi kufi yang tidak terlalu rumit memudahkan siswa dalam membuatnya. Adapun faktor penghambatnya adalah beberapa siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran kaligrafi dan adanya siswa yang belum lancar dalam menulis huruf Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:18
Last Modified: 20 Dec 2020 15:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item