IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO

Aji, Anas Waskito (2020) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Upload_210316411_Anas Waskito Aji.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Waskito Aji, Anas. 2020. Implementasi Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi M.Ag.
Kata Kunci : Layanan Konseling Individu, Kedisiplinan
Metode layanan konseling individu merupakan salah satu metode layanan bimbingan konseling yang diterapkan di dunia pendidikan khususnya di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo yang mempunyai konsep dasar sebagai layanan konseling yang dilakukan secara langsung antara pribadi dengan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam pembahasan serta penyelesaian masalah pribadi yang dialami oleh siswa. Berbagai permasalahan terjadi akibat ketidakdisiplinan siswa terhadap tata tertib dan aturan sekolah. Guru bimbingan dan konseling berperan penting dalam melayani konseling individu pada siswa yang melanggar agar secara intensif dapat memberikan pemahaman, wawasan, pengetahuan kepada siswa, sehingga setelah mendapatkan layanan konseling individu secara baik dan maksimal dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sikap disiplin.
Berdasarkan ulasan diatas, maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana metode layanan konseling individu melalui bidang pengembangan karir, bidang pengembangan sosial, bidang pengembangan belajar dan bidang pengembangan pribadi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo ? (2) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku disiplin siswa terhadap hukum/aturan, prosedur, value, jumlah, personal, waktu dan beribadah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo ?
Dari hasil penelitian ini ditemukan : (1) Penerapan metode layanan konseling individu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo diawali dengan melakukan layanan konseling sesuai dengan empat bidang yaitu bidang pengembangan karir, sosial, belajar dan pribadi. (2) Mengetahui bentuk – bentuk perilaku disiplin siswa terhadap hukum/aturan, prosedur, value, jumlah, personal, waktu dan ibadah di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Layanan konseling individu melalui tindakan refrensif memfokuskan konseling kepada siswa yang melanggar tata tertib/aturan sekolah. Melalui layanan konseling ini, guru bimbingan konseling dapat memberikan pemahaman dan sanksi/hukuman sebagai efek jera agar tidak terulang kembali tindakan tersebut. Metode layanan ini dapat menjangkau setiap permasalahan dan memecahkan masalah setiap individu siswa sehingga meningkatkan efektif dan efisiensi proses pembelajaran dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:12
Last Modified: 20 Dec 2020 15:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item View Item