(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Wicaksono, Haris Satrio (2020) (LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD_210316413_HARIS SATRIO WICAKSONO.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Satrio Wicaksono, Haris. 2020. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendidikan Akhlak Di SMKN 1 Jenangan Ponorgo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M. Pd. I
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kedisiplinan Siswa, Pendidikan Akhlak.
Disiplin sangat penting dalam diri individu seseorang. Dalam proses pendidikan masih terdapat masalah tentang kedisiplinan siswa. Penyelenggaraan kedisiplinan tentu memerlukan metode khusus guna mencapai tujuan pendidikan. Salah satu metode yang diterapkan di SMKN 1 Jenangan dalam pembentukan kedisiplinan metode pendidikan akhlak. Karena dengan adanya akhlak yang baik maka kedisiplinan juga akan terbentuk dengan sendiri. Latar belakang penelitian ini berangkat dari ada kurangnya tingkat kedisiplinan siswa. Akibat dari itu peneliti mencari tahu sejauh mana upaya guru PAI meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendidikan akhlak di SMKN 1 Jenangan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan upaya guru PAI meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendidikan akhlak di SMKN 1 Jenangan Ponorogo (2) Untuk mendiskripsikan apa kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendidikan akhlak di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo (3) Untuk mendiskripsikan Bagaimana solusi atas kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendidikan akhlak di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Jenangan dalam meningkatkan kedisplinan siswa melalui pendidikan akhlak di SMKN 1 Jenangan menerapkan beberapa upaya, seperti wajib salat Jum’at berjamaah di sekolah, sebelum masuk kelas, membaca surat pendek dan asmaul husna ketika akan di mulainya pembelajaran dikelas, merayakan Hari besar Keagamaan di sekolah, membiasakan menyapa dan mengucap salam kepada sesama warga sekolah, serta memberikan motivasi setiap selesai pembelajaran agama. (2) Kendala guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan kedisiplinan melalui pendidikan akhlak di SMKN 1 Jenangan, yakni beberapa siswa kurangnya kesadaran dari diri sendiri, disini ditemukan masih ada siswa yang membolos di kelas tidak mengikuti salat Jum’at, hal ini akan mempengaruhi temannya tidak mengikuti kebiasaan salat Jum’at, dari karekter siswa yang berbeda-beda, faktor lingkungan tempat tinggal, keluarga, teman sebaya dan lainnya. (3) Solusi atas kendala yang dihadapi guru PAI meningkatkan kedisiplinan siswa melaui pendidikan akhlak di SMKN 1 Jenangan, apabila di temukan siswa yang melanggar kedisiplinan, guru PAI tidak langsung memberi sanksi, maka siswa akan di tegur di beri nasihat bahwa apa yang dia lakukan salah. Namun, apabila masih tetap mengulangi maka ada sanksi bagi siswa seperti membersihkan toilet dan masjid sekolah. Hal ini dilakukan guru Pendidikan Agama Islam supaya bisa dapat bermanfaat untuk siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:10
Last Modified: 20 Dec 2020 15:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item