KONSEP PENDEKATAN BEHAVIORISME B. F. SKINNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Setiadji, Bareb (2020) KONSEP PENDEKATAN BEHAVIORISME B. F. SKINNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210314329 Bareb Setiadji-1-ditandatangani (1)_compressed.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiadji, Bareb. 2020. Konsep Pendekatan Behaviorisme B. F. Skinner dan
Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.
Skiripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr.
Harjali, M.Pd
Kata Kunci : Behaviorisme, Skinner, Tujuan Pendidikan Islam
Di era sekarang ini pendidikan Islam memiliki peran yang sangat stategis
dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pendidikan Islam juga merupakan
salah satu bidang studi yang mendapat banyak perhatian dari ilmuwan untuk
diteliti. Selain karena berperan menigkatkan sumber daya manusia didalam
pendidikan Islam terdapat berbagai masalah yang kompleks yang terus
berkembang sesuai perkembangan zaman. Bagi mereka yang terjun ke dunia
pendidikan Islam, haruslah memiliki wawasan yang cukup tentang pendidikan
Islam, memiliki kemampuan untuk mengembangkan pendidikan Isalam sesuai
dengan perkembangan zaman serta dapat setidaknya membantu mengatasi
masalah-masalah yang terjadi dalam pendidikan Islam. Salah satu cara yang dapat
diterapkan adalah menerapkan teori Behaviorisme B.F Skinner dalam proses
pembelajaran. Agar tujuan pendidikan Islam dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep pendekatan
behaviorisme B. F. Skinner, (2) mendeskripsikan tujuan pendidikan dalam Islam.
dan (3) mendeskripsikan relevansi antara teori Behaviorisme B.F Skinner dengan
Tujuan Pendidikan Islam
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan historis dan Filosofis, dan
jenis penelitian Lybrary Reseacrh. Dengan menggunakan metode dokumentasi
atau literatur yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang
berkesinambungan (koheren) dengan objek pembahasan yang diteliti sebagai cara
pengumpulan data. Dan menggunakan teknik content analysis sebagai cara
menganalisis data.
Dari penelitian tentang relevansi teori behaviorisme B. F. Skinner dengan
tujuan pendidikan Islam ditemukan. (1) B. F. Skinner mencetuskan teori
behaviorisme yang disebut Operant Conditioning yang berlandaskan pada
pemberian penguatan (Reinforcement) setelah timbulnya Respon dari Objek
penelitian. Dalam penerapan Operan Conditioning juga terdapat empat teknik
yaitu Kontiunitas Perilaku, Penguatan Diferensial, Penguatan Reinforcement,
Diskriminasi dan Generalisasi Operan. (2) tujuan pendidikan Islam yang
dimaksud ada tiga yaitu : Tujuan Pendidikan Jasmani al-Tarbiyah al-Jismiyah),
Tujuan pendidikan akal (al-Tarbiyatul al-„Aqliyah), Tujuan pendidikan akhlak
(al-Tarbiyah al-Khuluqiyah), dan (3) Relevansi teori behaviorisme B. F. Skinner
dengan Tujuan Pendidikan Islam yaitu Jasmani al-Tarbiyah al-Jismiyah),
Pendidikan Akal (al-Tarbiyatul al-„Aqliyah), dan tujuan pendidikan akhlak (al-
Tarbiyah al-Khuluqiyah) adalah Teori B.F Skinner dapat diterapkan sebagai cara
untuk mencapai tujuan-tujuan dalam pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:06
Last Modified: 20 Dec 2020 15:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item