MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NUR ROHMAN SLOGOHIMO WONOGIRI

SETYAWAN, ARI (2020) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NUR ROHMAN SLOGOHIMO WONOGIRI. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
TESIS ARI SETYAWAN 2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NUR ROHMAN SLOGOHIMO WONOGIRI
ABSTRAK

Salah satu permasalahan yang akhir-akhir ini dihadapi oleh Sekolah Dasar adalah menurunnya citra sekolah. Hal tersebut ditandai dengan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Sekolah Dasar serta jumlah siswa yang selalu menurun setiap tahun, sehingga harus berupaya untuk meningkatkan citra. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara sekilas yang Peneliti lakukan, maka penelitian ini dilaksanakan di SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri karena ada keunikan yaitu meskipun sekolah tersebut berada di daerah pedesaan dan baru 14 tahun berdiri, tetapi sudah memiliki jumlah murid yang banyak. Akan tetapi berdasarkan hasil pengamatan dapat diketahui bahwa jumlah murid yang banyak harus diimbangi dengan hubungan yang baik dengan masyarakat supaya lembaga memiliki citra yang positif. Untuk itu Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian secara mendalam terkait dengan citra yang dibangun sekolah tersebut dengan memaksimalkan peran humas.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan perencanaan humas, (2) Menjelaskan pengorganisasian program kerja humas, (3) Menjelaskan pelaksanaan program kerja humas, (4) Menjelaskan evaluasi program kerja humas dalam membangun citra sekolah di SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri.
Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus merupakan metode penelitian yang digunakan. Wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan.
Dari hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Perencanaan humas di SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri diawali dengan menetapkan tujuan meliputi: eksistensi, publikasi, serta melahirkan generasi yang unggul dalam akhlaq dan prestasi akademik. Selanjutnya pembuatan progam kerja humas dengan diawali penentuan: nama, tujuan, uraian kegiatan, waktu pelaksanaan, anggaran, serta penanggungjawab pada setiap program kerja, (2) Pengorganisasian program kerja humas dibagi menjadi dua sub bidang yakni bidang program kerja internal dan eksternal. Bidang program kerja internal meliputi: Arisan, Website, Reuni Akbar, dan Kalender, sedangkan program kerja eksternal meliputi: Nur Rohman Peduli, Parenting, Home Visit, Nur Rohman Fair, Jum’at Berkah, dan Tarawih Keliling, (3) Pelaksanaan progam kerja humas menyatakan bahwa untuk membangun citra sekolah yakni dengan melaksanakan program kerja internal maupun eksternal, dimana masing-masing program kerja memiliki peran dalam membangun citra, (4) Evaluasi program kerja humas dilakukan setelah program kerja internal maupun eksternal terlaksana, tentunya dengan melihat efisiensi serta efektifitas setiap program kerja. Sehingga pada setiap tahapan tersebut melahirkan mirror image, current image, multiple image, wish image, dan corporate image.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MAMBAUL NGADHIMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:03
Last Modified: 20 Dec 2020 15:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12481

Actions (login required)

View Item View Item