MENGUKUR LOYALITAS GURU SWASTA MTS DAN MA AL-MAWADDAH COPER TAHUN PELAJARAN 2020-2021 DITINJAU DARI GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA

AMININ, NOHA LAZULVA (2020) MENGUKUR LOYALITAS GURU SWASTA MTS DAN MA AL-MAWADDAH COPER TAHUN PELAJARAN 2020-2021 DITINJAU DARI GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TESIS 2020 NOHA LAZULVA AMININN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengukur Loyalitas Guru Swasta MTs dan MA Al-Mawaddah Coper Tahun Pelajaran 2020-2021 Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja

ABSTRAK
Loyalitas merupakan perilaku seseorang yang setia, patuh dan mengabdi terhadap lembaga tempat ia bekerja dengan menunjukkan sikap disiplin serta bertanggung jawab atas pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Loyalitas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor paling dominan adalah gaya kepemimpinan yang merupakan sikap kepala madrasah dalam memahami, mengatasi dan memperbaiki situasi dilingkungan madrasah dan motivasi kerja yang merupakan keinginan dalam diri seseorang yang menimbulkan dorongan untuk bersemangat dalam mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh gaya kepemimpinan terhadap loyalitas, (2)pengaruh motivasi kerja terhadap loyalitas, (3)pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap loyalitas, dan (4)perbandingan loyalitas guru di MTs dan MA Al-Mawaddah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan independen sampel t-test. Populasi sebanyak 113 dan sampel 86 terdiri atas 39 guru MTs dan 47 guru MA.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa:(1)gaya kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas dengan konstribusi sebesar 66,5%, sementara sisanya 33,5% dipengaruhi oleh konstribusi dari varibel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2)motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas dengan konstribusi sebesar 36,3%, dan sisanya 63,7% dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak diteliti. (3)gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. Dengan konstribusi secara bersama-sama sebesar 56,1%, sedangkan sisanya 43,9% loyalitas dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak diteliti. (4)terdapat perbedaan yang nyata antara tingkat loyalitas guru di MTs dengan loyalitas guru di MA Al-Mawaddah. Selisih perbandingan loyalitas lebih tinggi pada guru MA Al-Mawaddah dengan nilai mean 69,15 dari pada loyalitas guru MTs Al-Mawaddah yang memiliki nilai mean 67,92.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: ANDHITA DESSY WULANSARI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 15:02
Last Modified: 20 Dec 2020 15:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item