PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KEGIATAN MURAJA’AH AL-QUR’AN DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG JENANGAN PONOROGO

Khariroh, Ummi (2020) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KEGIATAN MURAJA’AH AL-QUR’AN DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316055_UMMI KHARIROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ummi Khariroh, 2020. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Muraja’ah Al-Qur’an Di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin.
Disiplin merupakan salah satu unsur kualitas sumbar daya manusia. Displin dapat membuat sesorang memiliki perasaan taat dan patuh terhadap nilai yang diyakini sehingga lebih bertanggung jawab untuk dapat mengatur tatanan kehidupan pribadi dan kelompok. Mendisiplinkan melalui jalan pendidikan merupakan tugas dari setiap lembaga pendidikan. Karena dengan disiplin semua kegiatan akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu para siswa akan memiliki sifat disiplin yang tinggi dalam kegiatan setiap harinya. Pendidikan kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswanya tercermin dalam kegiatan pembiasaan yang didukung dengan keahlian dan kedalaman ilmu, kharisma dan wibawa guru.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan kegiatan muraja’ah al-Qur’an di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo; (2) mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan muraja’ah al-Qur’an di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan muraja’ah al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif milik Miles Hubermen Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, kegiatan muraja’ah al-Qur’an dilaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran berlangsung kurang lebih selama 30-40 menit dibimbing oleh guru. Kedua, peran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan disiplin siswa, melalui kegiatan muraja’ah al-Qur’an memberikan pengaruh yang baik. Seperti halnya para siswa menjadi siap dalam mengikuti pelajaran, kemudian dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Ketiga, pendukung kegiatan tersebut adalah motivasi yang diberikan guru selalu bertambah, fasilitas ruangan yang diberikan memadai, istiqamah dalam muraja’ah. Faktor penghambat adalah adanya siswa yang datang terlambat, mushaf al-Qur’an yang disediakan kurang, keterbatasan tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 14:58
Last Modified: 20 Dec 2020 14:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item