(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULNAG SESUAI KAIDAH) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) KELAS I MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL AULAD Ds. RONOWIJAYAN, Kec. SIMAN, Kab. PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Nuha, Ulyn (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULNAG SESUAI KAIDAH) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) KELAS I MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL AULAD Ds. RONOWIJAYAN, Kec. SIMAN, Kab. PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316120 ULYN NUHA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nuha, Ulyn. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Aulad Tahun Ajaran2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M. Pd. 1

Kata Kunci: Bahan Ajar, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Baca Tulis Al-Qur’an adalah bagian dari mata pelajaran Madrasah Diniyah yang perlu diajarkan dengan tujuan agar anak dapat membaca Al Qur’an dengan lancar dan benar. Metode pengajaran BTQ pada Madin Tarbiyatul Aulad menggunakan strategi pembelajaran yang melibatkan keaktifan seluruh peserta didik. Akan tetapi dalam proses pembelajarannya belum terdapat wadah atau media yang bisa digunakan untuk membantu dan memperlancar kegiatan pembelajaran. Belum ada buku yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengerjakan tugas, selain itu juga belum ada bahan ajar yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan keterampilan dalam menulis yang akhirnya dapat membuat peserta didik menjadi lebih mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui desain pengembangan bahan ajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan mengetahui efektifitas dari penggunaan bahan ajar tersebut agar nantinya dapat mengatasi masalah yang sedang dialami di lembaga yang bersangkutan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (RnD). Prosedur pengembangan yang digunakan ini merujuk pada system ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).
(1) Produk yang dihasilkan berupa buku ajar cetak yang divalidasi oleh satu pakar media dan satu pakar ahli materi. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah tahap pra pengembangan dengan melakukan analisis kebutuhan, tahap pengembangan dengan melakukan penyusunan bahan ajar, tahap uji produk dengan melakukan validasi isi dan validasi design, dan tahap revisi yang dilakukan dengan implementasi terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan.
(2) Adapun untuk efektifitas pengembangan buku penunjang Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) kelas I Madrasah Diniyah Tarbiyatul Aulad Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 ini mempunyai efektifititas yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata pre test dan post test yang diberikan kepada peserta didik. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan produk mendapatkan nilai rata-rata pre test lebih rendah yakni sebesar 57,7, sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 73. Hal ini juga dapat ditunjukkan dari hasil uji paired t-test yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai seblum penerapan (pre test) dengan rata-rata nilai setelah penerapan (post test).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2020 14:53
Last Modified: 20 Dec 2020 14:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item