Tinjauan Fiqh Muāmalah dan Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murābaḥah Terhadap Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri Cabang Ponorogo

Firdaus, Fiza Armas (2020) Tinjauan Fiqh Muāmalah dan Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murābaḥah Terhadap Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri Cabang Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Firdaus, Fiza Armas. “Tinjauan Fiqh Muāmalah dan Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murābaḥah Terhadap Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri Cabang Ponorogo”. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.
Kata Kunci: Riba, Lembaga Keuangan Syariah (LKS)
Pada era sekarang ini, kebutuhan akan kendaraan sangatlah penting bagi masyarakat. Sedangkan suntuk memenuhi kebutuhan kendaraan tersebut, tidak semua kalangan mampu untuk membeli dengan harga tunai/cash. Sehingga adanya lembaga keuangan/bank sangatlah penting untuk membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pertumbuhan kredit konsumen untuk pembelian kendaraan bermotor yang disalurkan hingga semester II/2019 melampaui target. Bahkan, realisasi jauh di atas rata-rata industri perbankan secara year-on-year (yoy) kredit konsumen untuk pembelian kendaraan bermotor tumbuh 35%. Pertumbuhan ini melampaui target yang dipatok perseroan sejak awal tahun.
Penelitian ini meliputi dua pembahasan masalah yang meliputi: Pertama, Tinjauan fiqh muamalah dan fatwa DSN MUI terhadap pengadaan barang Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri Cabang Ponorogo. Kedua, Tinjauan fiqh muamalah dan fatwa DSN MUI terhadap biaya administrasi Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri Cabang Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode peneletian dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini di Bank Syariah Mandiri, pengumpulan data penelitian ini melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Sedangakan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) di Bank Syariah Mandiri KCP Ponorogo menggunakan akan murābaḥah yang mana sistematika pengadaan barang seringkali dilakukan dengan menggunakan sistem wakalah, yaitu pihak bank mewakilkan kepada nasabah untuk membeli kendaraan sendiri kendaraan yang diinginkan setelah dana dicairkan oleh pihak bank sesuai pengajuan dari nasabah. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip syariah maupun fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Murābaḥah. Karena dalam transaksi akad jual beli murābaḥah, barang harus sepenuhnya sudah menjadi milik penjual yang dalam hal ini adalah pihak bank. Kedua, Adanya pembebanan biaya administrasi yang diambil berdasarkan prosentase 1% dari besaran nominal pembiayaan, juga tidak diperbolehkan dalam hukum Islam maupun fatwa DSN MUI. Karena biaya administrasi tidak memenuhi asas keadilan dalam akad syariah yang mana besaran administrasi dapat mengurangi porsi pembiayaan yang diajukan oleh pihak nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:35
Last Modified: 18 Dec 2020 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item