Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Produk Imitasi Di Novi Shop

Khasanah, Nurul (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Produk Imitasi Di Novi Shop. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NURUL_KHASANAH[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Nurul. Ponorogo, 2020. “Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Produk Imitasi di Novi Shop”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Achmad Baihaqi, M.H.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Merek Imitasi, Hak-Hak Konsumen.
Jual beli merupakan salah satu kegiatan muamalah yang bertujuan untuk tukar menukar barang dengan barang maupun barang dengan uang. Pada zaman dulu, jual beli diharuskan bertatap muka langsung antara penjual dengan pembeli. Pada zaman yang modern ini, kegiatan jual beli bisa dilakukan melalui internet yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli. Tak jarang barang yang diperjualbelikan merupakan barang imitasi atau tiruan. Maka dengan ini, dalam perkembangan Islam terdapat aturan ataupun etika yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin melakukan bisnis apalagi dia adalah seorang mukmin. Etika bisnis islam adalah serangkaian aktivitas bisnis dalam berbagai bentuknya (yang tidak dibatasi), jumlah kepemilikan (barang atau jasa) termasuk profit. Namun dibatasi dalam cara memperolehnya dan pendayagunaan hartanya karena aturan halal dan haram. Sebagai contoh kegiatan jual beli yang terjadi di Novi Shop. Praktik jual beli yang dilakukan di Novi Shop adalah jual beli online dengan memanfaatkan media facebook dan grup chatting. Novi Shop akan mengupload barang dagangnya di facebook dan grup chatting miliknya. Sebagian barang yang ia perjualbelikan merupakan barang imitasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Produk Imitasi Di Novi Shop, (2) Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Hak-Hak Konsumen Di Novi Shop.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif, yakni proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dari lapangan (berupa data lapangan) yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan data lapangan.
Dari data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan merek di Novi Shop tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggungjawaban dan kebajikan. (2) Hak-hak konsumen menurut hukum etika bisnis Islam sudah sesuai prinsip keseimbangan dan kehendak bebas, hal ini dikarenakan konsumen diperlakukan sama tanpa adanya diskriminasi. Konsumen memiliki hak untuk memilih barang yang akan dibeli dengan tanpa adanya paksaan. Namun hal ini bertentangan dengan prinsip kesatuan, tanggung jawab dan kebajikan, karena pihak Novi Shop tidak memberikan informasi bahwa barang yang dijualnya merupakan produk imitasi atau tiruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Baihaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:48
Last Modified: 18 Dec 2020 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item