PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK SOPAN SANTUN SISWA DI SMPN 2 SAMBIT

Pramesti, Linggar Khalisworo (2020) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK SOPAN SANTUN SISWA DI SMPN 2 SAMBIT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
220620-SKRIPSI_LINGGAR_210316403- baru.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pramesti, Linggar Khalisworo.2020.Peran Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Sopan Santun Siswa di SMPN 2 Sambit.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M.Syafiq Humaisi,

Kata Kunci: Sopan santun, orang tua dan guru
Sopan santun adalah kunci supaya kita diterima dalam pergaulan masyarakat. Seseorang yang mempunyai sopan santun serta tata krama yang baik akan disenangi banyak orang dan mudah diterima di dalam pergaulan. Hal ini juga akan meningkatkan kualitas serta percaya diri terhadap diri seseorang. Maka dari itu, orang tua harus membiasakan perilaku sopan santun anak sejak dini. Supaya anak terbiasa dan memiliki etika yang sesuai dengan ajaran agama dan leluhur bangsa Indonesia. Selain orang tua yang berperan sebagai pengasuh dan pemberi contoh dirumah, ada juga guru yang menjadi tempat kedua bagi pendidikan anak. Guru adalah figur sempurna bagi anak, sehingga apapun yang dilakukan guru menjadi cerminan anak. Maka dari itu, sinergi antara orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan pendidikan karakter khususnya sopan santun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui peran orang tua dalam membentuk sikap sopan santun siswa, (2) mengetahui peran guru dalam membentuk sikap sopan santun siswa, (3) mengetahui dampak peran orang tua dan guru dalam membentuk sikap sopan santun siswa.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti melakukan observasi , penelitian ini dirancang dengan bentuk uraian deskriptif dan dilaksanakan di SMPN 2 Sambit. Observasi ini mengambil 20 sampel anak dengan pelanggaran sopan santun yang sudah tercatat di arsip BK. Terdapat 57% melakukan pelanggaran sopan santun berupa verbal atau perkataan dan 43% pelanggaran sopan santun non verbal atau perilaku. Kemudian peneliti bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mengamati perubahan siswa dalam kurun waktu satu bulan dengan mengikuti berbagai program yang dilaksanakan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SYAFIQ HUMAISI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:48
Last Modified: 05 Jan 2021 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12453

Actions (login required)

View Item View Item