Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) (Studi Kasus Di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

Ma'rifah, Arina Alfi (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) (Studi Kasus Di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Arina Alfi Ma'rifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ma’rifah, Arina Alfi, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) (Studi Kasus di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Shofwatul Aini, M.S.I.
Kata Kunci/ Keyword: Hukum Islam, Sewa-menyewa, Alat Mesin Pertanian
Dalam skripsi ini di latar belakangi kegiatan sewa-menyewa dengan akad ija>rah yang dilakukan dengan melihat beberapa barang yang disediakan kemudian memesan sesuai apa yang akan dibutuhkan oleh penyewa seperti di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo yang menyediakan beberapa alat mesin pertanian yang dibutuhkan para petani untuk mengolah lahan sawahnya. Dalam praktiknya muncul permasalahan yaitu pertama, berkaitan dengan akad perhitungan luas lahan, karena di Gapoktan menggunakan sistem luas lahan, maka ada beberapa petani menggunakan data yang tidak sesuai dengan luas lahan yang akan diolah. Kedua dalam pembayaran uang sewa terdapat penambahan biaya tanpa diketahui oleh pihak penyewa kaerena beberapa petani ada yang tidak langsung membayar sewa setelah pengolahan lahan selesai digarap.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap sistem sewa alsintan di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap penambahan biaya sewa alsintan di Gapoktan Sido Maju Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan), yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem sewa yang dilakukan di Gapoktan Sido Maju secara keseluruhan sudah memenuhi hukum Islam, akan tetapi salah satu syaratnya belum terpenuhi yaitu pada shighat, dimana akad yang dilakukan belum ada kejelasan penyewa dalam mengatakan data luas lahan. Sedangkan sistem pembayaran sewa alsintan di Gapoktan Sido Maju belum memenuhi salah satu syarat ija>rah yaitu dalam sistem ujrah, dimana dalam akadnya tidak ada kejelasan dengan adanya tambahan biaya, dan melanggar kesepakatan atau perjanjian diawal akad, sehingga dapat memberatkan salah satu pihak yaitu penyewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:33
Last Modified: 18 Dec 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item