Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an Nur Huda Nawangan

Firliani, Nurul (2020) Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an Nur Huda Nawangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN NUR HUDA NAWANGAN_Nurul Firliani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Firliani, Nurul. 2020. Penanaman Nilai-Nilai Keislaman di Taman Pendidikan Al-Qur’an
Nur Huda Nawangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Keislaman, TPA
Saat ini, Indonesia tengah mengalami degradasi moral. Yang mana pada realitanya,
remaja maupun anak-anak cenderung bersikap sekuler, hedonistik, materialistik, yaitu manusia
yang cerdas secara intelektualnya dan terampil fisiknya, namun kurang terbina mental
spiritualnya. Tpa Nur Nawangan yang telah didirikan oleh beberapa masyarakat Nawangan. Ia
Hadir dalam membentuk remaja islami yang mengamalkan nilai-nilai keislaman dalam
kehidupan sehari-hari sehingga cerdas secara intelektualnya, keterampilan fisik dan
spiritualnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai
keislaman di dalam taman pendidikan Al-Qur’an Nur Huda Nawangan selama ini, (2) Untuk
mengetahui hambatan dalam proses penanaman nilai-nilai keislaman taman pendidikan Al￾Qur’an Nur Huda Nawangan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data
dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang dilakukan dengan tiga tahap,
yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai-nilai keislaman
meliputi: a. Akidah : Penanaman nilai-nilai keislaman di bidang aqidah dilakukan melalui
budaya hafalan rukun iman. b. Ibadah : Penanaman nilai-nilai keislaman di bidang ibadah
dilakukan melalui kegiatan praktek sholat dan wudhu. c. Akhlak : Penanaman nilai-nilai
keislaman di bidang akhlak dilakukan melalui budaya mencium tangan dan menghormati satu
sama lainnya. Dan metode yang di gunakan dalam proses penanaman nilai-nilai keislaman
adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman yang metode tersebut saling
berkaitan satu sama lainnya. (2) hambatan penanaman nilai-nilai keislaman adalah Huda
Nawangan meliputi minimnya sumber daya pengajar di TPA, minimnya wawasan yang
dimiliki oleh sebagian ustadz maupun ustadzah mengenai nilai-nilai keislaman, sikap anak
yang masih menganggap gurunya sebai teman sepermainan dan tidak sopan, taman pendidikan
Al-Qur’an ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan komunikasi yang
terjalin dengan wali murid masih kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:37
Last Modified: 18 Dec 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item