TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG BARANG JAMINAN PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA DI BMT MANDIRI BERKAH SEJAHTERA SYARIAH MADIUN

Naini, Wasis Nur (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG BARANG JAMINAN PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA DI BMT MANDIRI BERKAH SEJAHTERA SYARIAH MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Wasis Nur Naini HES 210215017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan Syariah seperti Baitul Mal Wa Tanwil (BMT) didirikan untuk menyalurkan dana kepada masyarakat dengan prinsip syariah. Salah satu produk pembiayaan di BMT adalah ijarah multijasa. Pada dasarnya ijarah yaitu mengambil manfaat dari suatu barang atau jasa dengan memberikan imbalan atas manfaat dari barang atau jasa. Pembiayaan dengan akad ijārah ini mensyaratkan menggunakan jaminan yang disertakan agar pembiayaan bisa dikabulkan oleh pihak BMT. Berdasarkan Hukum Islam akad ija<rah tidak mensyaratkan adanya jaminan. Namun dewasa ini dirumuskanlah Fatwa DSN-MUI tentang pembiayaan yang disertai rahn untuk merespon perkembangan ekonomi modern yang begitu pesat. Maka dalam hal ini penulis tertarik untuk meneliti jaminan dalam akad ija<rah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera Syariah Madiun. Jaminan di sini berfungsi sebagai anstisispasi jika nantinya nasabah mengalami kredit macet. Ketika hal tersebut terjadi maka pihak BMT akan melakukan eksekusi barang jaminan dengan sistem pelelangan sesuai syariah.
Pelelangan barang jaminan di BMT ini tidak terlepas dari ketentuan yang sudah diatur dalam Hukum Islam. sehingga penelitian ini mengacu pada pokok permasalahan: (1) bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap barang jaminan pembiayaan ijarah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera Syariah Madiun? (2) bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap lelang barang jaminan pembiayaan ijarah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera Syariah Madiun?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara editing, organizing dan penemuan hasil riset.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) jaminan pada pembiayaan ijarah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera Madiun sudah sesuai dengan kriteria menurut Hukum Islam, sebab objek jaminan merupakan benda yang halal, bermanfaat dan secara hukum sudah menjadi kuasa penuh pihak BMT. Selain itu jaminan dalam akad ijarah ini juga sudah sah karena berfungsi sebagai kepercayaan pemilik dana yaitu BMT dengan penerima pembiayaan yaitu nasabah. (2) Terkait dengan pelelangan barang jaminan pada pembiayaan ijarah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera Syariah Madiun telah sesuai dengan Hukum Islam, sebab dalam hal melaksanakan lelang, sebelumnya pihak BMT juga sudah melakukan pengumuman lelang dan penentuan harga limit barang jaminan. Kemudia hasil dari lelang akan digunakan untuk pelunasan pembiayaan dan sisanya dikembalikan kepada nasabah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:36
Last Modified: 18 Dec 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item