(PDF KAN)Upaya Guru dalam Pengembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun

Azizah, Azifatul Nur (2020) (PDF KAN)Upaya Guru dalam Pengembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AZIFATUL NUR AZIZAH 211115010 UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL-ISLAM JETIS DAGANGAN MADIUN.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Azizah, Azifatul Nur. 2020. Upaya Guru dalam Pengembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M. Pd, I
Kata Kunci: Moral Anak Usia Dini, Metode bercerita dan Upaya Guru
Perkembangan moral adalah landasan bagi anak dalam mengembangkan tindakan. Anak yang bermoral adalah anak yang sikapnya didasarkan atas motivasi dan tindakan yang baik. Akan tetapi belum semua anak RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun memiliki perkembangan moral yang baik. Hal ini terlihat dari fakta di lapangan ada sebagian anak yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan kurang sopan terhadap guru. Metode bercerita menjadi salah satu solusi mengembangkan moral anak di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui profil perkembangan moral anak usia dini di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun setelah dikembangkan guru dengan metode bercerita, (2) untuk mengetahui langkah-langkah guru dalam mengembangkan moral anak usia dini melalui metode bercerita di RA-Islam Jetis Dagangan Madiun.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang digunakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil moral anak usia dini di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun mayoritas kategori anak mulai berkembang. Namun anak belum sampai pada kategori berkembang sesuai harapan. (2) Langkah-langkah guru dalam pengembangan moral anak usia dini melalui metode bercerita di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun: a) langkah perencanaan: guru membuat rancangan RPPH dengan tema “diriku” dan sub tema “kesukaanku” untuk menetapkan kegiatan yang akan dilalui anak, mempersiapkan media berupa buku ceritadan boneka yang bervariasi serta alat-alat yang akan digunakan untuk melihat pengembangan anak berupa buku pencapaian pengembangan anak; b) langkah pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal: salam, memimpin doa sebelum belajar dan menjelaskan kegiatan pada hari itu. kegiatan tambahan: mengimajinasikan cerita, guru berkeliling, dukungan(pujian dan arahan) dan kegiatan pengembangan: mengulang kembali pesan dari isi cerita “Serigala dan Domba” dan meniru di kesehariannya; c) langkah penilaian pada langkah ini guru melakukan pengamatan kepada anak seberapa jauh pemahaman terhadap cerita yang telah disampaikan. Guru memberi pertanyaan sesuai daftar pertanyaan yang telah disusun sesuai isi cerita “Serigala dan Domba.” Setelah diterapkannya langkah-langkah dari teori Masitoh dkk bahwa anak lambat laun sudah mulai berkembang sesuai harapan, dengan bukti adanya anak yang mau jujur mengapa ia sampai berkelahi karena memang dia yang duluan mengejek temannya sehingga memicu temannya untuk membalasnya. Selain itu anak juga lebih mau berkerja sama dengan temannya. Anak juga lebih memiliki sikap sopan santun serta hormat seperti pada cerita yang telah disampaikan hal ini dapat dilihat dari bagaimana mereka memperlakukan guru, orangtua dan teman sebaya mereka. Anak juga mampu menjaga kebersihan dengan ditandai mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:35
Last Modified: 18 Dec 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item