Konsep Pendidikan Akhlak Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Hamka Dan Syed Naquib Al-Attas)

Dessy Fara Dina, Vera (2020) Konsep Pendidikan Akhlak Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Hamka Dan Syed Naquib Al-Attas). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
VERA DESSY FARA DINA_210314268.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dina, Vera Dessy Fara. 2020. Konsep Pendidikan Akhlak Dan Implikasinya
Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Hamka Dan Syed
Muhammad Naquib Al Attas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama
Islam Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Kharisul Wathoni, M. Pd. I
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Hamka, Syed Muhammad Naquib Al Attas.
Pendidikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pendidikan islam.
Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang sempurna, maka manusia
diharapkan mampu berperilaku sesuai unsur-unsur pendidikan Islam. Namun,
yang terjadi pada saat ini masyarakat islam masih mengalami degradasi moral
yang sulit dikendalikan. Maka perlunya pembaharuan konsep pendidikan
akhlak, salah satunya dengan menelusuri kembali pemikiran para tokoh
pendidikan Islam. Al-Attas dan HAMKA memiliki perhatian besar terhadap
pendidikan akhlak di zaman yang berbeda. Kedua tokoh tersebut memiliki
latarbelakang yang hampir sama dalam bidang filsafat sehingga pendekatan
dalam penelitian ini digunakan studi komparasi dengan objek pembahasan
tertuju pada pemikiran kedua tokoh tentang konsep pendidikan akhlak.
Peneliti ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan akhlak
menurut HAMKA dan Syed Naquib Al-Attas dengan rumusan masalah
sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA
dan Syed Naquib Al-Attas? 2) Bagaimana persamaan dan perbedaan konsep
pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Syed Naquib Al-Attas? 3)
Bagaimana implikasi kedua konsep tersebut dalam pendidikan agama islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan
dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji bukubuku karya HAMKA dan Syed Naquib Al-Attas. Analisis data menggunakan
metode Content Analisis dan comparative study.
Penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan akhlak menurut
HAMKA memiliki kepribadian akhlaq al-karimah. sedamgkan Al- Attas
mengacu pada konsep ta’dīb. (2) Pendidikan Akhlak menurut HAMKA dan
Al-attas sama-sama membentuk insān kāmil dan taqarrub kepada Allah.
perbedaannya Hamka lebih mengarah pada pembentukan akhlak yang mulia
dan Al-Attas pada pembentukan manusia yang baik (3) Implikasi konsep
pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Al-Attas dalam pendidikan Agama
Islam terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara spontan bagi
terciptanya semua perbuatan yang bernilai baik, sehinnga mencapai
kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan yang sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:32
Last Modified: 18 Dec 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item