KHOIRUL ANAM, MUHAMMAD (2020) (LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA) IMPLEMENTASI PENDEKATAN FUNGSIONAL MELALUI METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMPN 2 JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI (210316340) UPLOAD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ANAM, M KHOIRUL. Implementasi Pendekatan Fungsional Melalui Metode Demonstrasi
dalam Proses Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX A
SMPN 2 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. 2020. Pembimbing Dr. Muhammad Toyib, M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan Fungsional, Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar.
Dalam proses pendidikan, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam
upaya pencapaian tujuan, karena ia menjadi sarana yang membermaknakan materi pelajaran
yang tersusun dalam kurikulum pendidikan sehingga dapat dipahami atau diserap oleh manusia
didik menjadi pengertian-pengertian fungsional terhadap tingkah lakunya. Metode yang tepat
mengandung nilai-nilai yang instrinsik dan ekstrinsik sejalan dengan materi pelajaran dan secara
fungsional dapat dipakai untuk merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan
pendidikan.
Ada dua faktor, yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu faktor internal dan juga
eksternal dari peserta didik. Faktor internalnya dari siswanya sendiri. Sedangkan faktor
eksternalnya dari metode pembelajarannya. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa
salah satu cara yang digunakan adalah melalui pendekatan pembelajaran, yaitu dengan
menggunakan jenis pendekatan fungsional. Pendekatan fungsional disini dilakukan dengan
metode demonstrasi. Untuk mengetahui jenis pendekatan fungsional melalui demonstrasi itu
seperti apa pelaksanaanya di dalam kelas perlu mengkaji lebih mendalam melalui penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui penerapan pendekatan fungsional melalui
metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI (2)mengetahui faktor pendukung dan penghambat
penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam proses pembelajaran PAI
(3)mengetahui hasil penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam proses
pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX A SMPN 2 Jetis
Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles
dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1)penerapan pendekatan fungsional melalui metode
demonstrasi dilakukan dengan menyajikan pelajaran dengan memperagakan yang menekankan
kepada segi kemanfaatan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.(2)faktor pendukung
pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi di SMPN 2 Jetis Ponorogo diantarannya
adalah sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang kondusif, dan komunikasi
yang baik antara siswa dan guru. Sedangkan mengenai faktor penghambatnya adalah faktor
internal dari siswa itu sendiri, contohnya motivasi siswa dalam belajar. Selain itu memerlukan
waktu yang lama, dan keterbatasan media yang digunakan dalam pelaksanaan
metodenya.(3)hasil dari penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi
diantaranya adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, pemahaman siswa menjadi
terbentuk, mengurangi kesalahfahaman dalam penyampaian materi, dan proses pembelajaran
menjadi menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Toyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 02:19 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 02:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12422 |
Actions (login required)
View Item |