Pengembangan Karakter Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Di MAN 2 Magetan

Ambarwati, Endah Dwi (2020) Pengembangan Karakter Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Di MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ENDAH_DWI_AMBARWATI_210316355[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ambarwati, Endah Dwi. 2020.Pengembangan Karakter Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Di MAN 2 Magetan.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, Sikap Sosial, Tanggung Jawab
Sikap Sosial dan tanggung jawab siswa merupakan perilaku yang penting dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan suatu perbuatan, sehingga perbuatan yang dilakukannya akan bernilai positif baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Dilihat dari latar belakangnya sebagian siswa yang kurang memiliki rasa sikap sosial dan tanggung jawab, Palang Merah Remaja dapat dijadikan sebagai wadah untuk penanaman sikap sosial dan tanggung jawab seperti yang tercantum dalam prinsip dasar gerakan palang merah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remajadi MAN 2 Magetan, (2) menjelaskan implikasikegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam pengembangan karakter sikap sosial siswa di MAN 2 Magetan, (3) menjelaskan implikasi implikasi kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam pengembangan karakter tanggung jawab siswa di MAN 2 Magetan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, yang dilakukan di MAN 2 Magetan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data terdiri dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2 Magetan dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu kegiatan jangka pendek, kegiatan jangka menengah, dan kegiatan jangka panjang, (2) kegiatan ekstrakurkuler Palang Merah Remaja dalam pengembangan karakter sikap sosial siswa yang positif seperti kerjasama, solidaritas, dan tenggang rasa. (3) kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam pengembangkan karakter tanggung jawab siswa yaitu disiplin, senior memberikan tugas dan dikumpulkan tepat waktu serta pemberian hukuman bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA AMALIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:37
Last Modified: 17 Dec 2020 04:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item