Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Bakti Ponorogo

Yulianti, Nurohmah (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUROHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yulianti, Nurohmah. 2020. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Pembelajan Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, motivasi Belajar, PAI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya pengelolaan kelas yang dilakukan guru di SMA Bakti Ponorogo pada mata pelajaran PAI sehingga berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung pasif dan bosan karena kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga motivasi belajar siswa juga kurang, selain itu masih diketemukan siswa yang masih asik dengan kegiatannya seperti bermain gadget, mengobrol dengan temannya saat sedang pelajaran.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Bakti Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Bakti Ponorogo yang berjumlah 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan jumlah subjeknya 34 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi beelajar siswa kelas X pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 10.657 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, maka diperoleh nilai Ftabel sebesar 4,15. karena Fhitung >Ftabel = 10.657 > 4,15 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 25% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:35
Last Modified: 17 Dec 2020 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item