UPAYA GURU MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS X MELALUI PENDEKATAN PEMBIASAAN DI SMA BAKTI PONOROGO

HAKIM, MUHAMMAD SULTHONUL (2020) UPAYA GURU MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS X MELALUI PENDEKATAN PEMBIASAAN DI SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__HAKIM[2].pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hakim, Muhammad Sulthonul. 2020. Upaya Guru Mapel PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Pembiasaan di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Karta kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Tanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu, Metode Pembiasaan.

Pendidikan karakter merupakan upaya seorang guru dalam membentuk kepribadian siswa yang meliputi segala hal yang ada dalam dunia pendidikan, baik dari keteladanan seorang guru, perilaku guru, maupun pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam proses penanaman karakter yang baik dibutuhkan metode yang tepat, metode yang digunakan di SMA Bakti Ponorogo dalam proses membentuk karakter siswa melalui pendekatan pembiasaan. SMA Bakti Ponorogo mempunyai berbagai kegiatan pembiasaan sebagai upaya seorang guru PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa kelas X terutama pada tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa yang masih rendah dan perlu untuk diberi arahan agar menjadi lebih baik. Adapun beberapa kegiatan didalamnya seperti mengaji dan berdoa diawal pembelajaran, literasi dan diskusi kelompok, beribadah dan kultum.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Kegiatan Pembiasaan Sebagai Upaya Guru mapel PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan sikap Tanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu Siswa (2) Untuk mengetahui strategi guru mapel PAI Budi Pekerti dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa kelas X melalui pendekatan pembiasaan di SMA Bakti Ponorogo. (3) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan pendekatan pembiasaan dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa kelas X di SMA Bakti Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) upaya guru dalam meningkatkan karakter siswa dimulai dari pembiasaan untuk datang ke sekolah tepat waktu setiap hari sehingga siswa akan lebih bertanggung jawab, kegiatan mengaji dan berdoa, kegiatan beribadah, kultum, literasi dan dikusi kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa; (2) upaya guru dalam membentuk karakter siswa melalui metode pembiasaan ini guru memulainya dengan hal-hal yang sederhana seperti membiasakan siswa seperti makan atau minum sambil duduk, berdoa sebelum memulai kegiatan, dan pemberian tugas literasi di setiap pagi sebelum dimulainnya pembelajaran; (3) dampak metode pembiasaan terhadap karakter siswa menunjukkan perubahan yang baik seperti lebih memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang harus diselesaikannya baik di sekolah maupun di luar sekolah, memiliki rasa ingin tahu lebih terhadap apa yang membuat mereka tertarik terutama dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WILIS WERDININGSIH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:34
Last Modified: 17 Dec 2020 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item