Implementasi Pengajian Kitab Al-Hikam dan Implikasinya Terhadap Masyarakat di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo

Rosyidi, Muhammad Adib (2020) Implementasi Pengajian Kitab Al-Hikam dan Implikasinya Terhadap Masyarakat di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
File Setor Ke Perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosyidi, Muhammad Adib. 2020. Peningkatan Religiusitas Masyarakat Melalui Pengajian Kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah R., M.Pd.I.

Kata Kunci : Religiusitas, Masyarakat, Pengajian, Al-Hikam.

Dalam perkembangan zaman yang begitu modern dan millenial ini, manusia benar-benar dihadapkan dengan berbagai macam ujian dan godaan dunia yang berat seperti materialistis, hedonisme dan sejenisnya. Hal itu berdampak pada religiusitas atau keberagamaan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo, sehingga penting adanya usaha untuk membentengi masyarakat dari sikap materialistis dan sebagainnya serta meningkatkan kembali religiusitasnya. Diantara usaha yang dapat dilakukan untuk terwujudnya peningkatan religiusitas adalah dengan mengadakan pengajian yang lebih memfokuskan pembahasannya pada ranah hati dan ketauhidan. Dalam hal ini kitab Al-Hikam yang menjadi pilihan untuk dikaji bersama.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang dilaksakannya pengajian kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo, (2) pelaksanaan pengajian kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo, (3) dimensi religiusitas akidah dan akhlak perspektif kitab Al-Hikam, (4) implementasi pengajian kitab Al-Hikam dan implikasinya terhadap religiusitas masyarakat di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Latar belakang dilaksanakannya pengajian kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo yaitu sebagai ikhtiyar terwujudnya pribadi dan masyarakat sekitar pondok pesantren Subulus Salam, serta masyarakat pada umumnya, untuk semakin menata dan mengolah hati, supaya berhasil menjadi hamba yang baik di sisi Allah dan bermanfaat terhadap kemaslahatan manusia; (2) Pelaksanaan pengajian kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo di adakan setiap satu bulan sekali yaitu setiap malam senin legi. Waktu pelaksanaan yaitu pukul 19.30- selesai. Pengajian dilakukan dengan model bandongan atau seorang kiai yang membacakan kitab serta menjelaskannya, sedangkan jamaah atau murid mendengarkan dan memperhatikan; (3) Dimensi religiusitas akidah perspektif kitab Al-Hikam adalah mengenal dan mencintai Allah. Dimensi akhlak perspektif Al-Hikam yaitu menjadi pribadi yang bermanfaat kepada sesama manusia dan makhluk; (4) Implementasi pengajian kitab Al-Hikam dan implikasinya terhadap religiusitas masyarakat di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo tercermin dalam lima aspek yaitu keyakinan terhadap rukun iman, praktik ibadah keseharian, akhlak atau pengamalan ajaran-ajaran agama, pengetahuan dan pemahaman terhadap ajaran agama Islam, serta pengalaman atau penghayatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:49
Last Modified: 17 Dec 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item View Item