Firliani, Nurul (2020) (PDF KAN) Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an Nur Huda Nawangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Text
PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN NUR HUDA NAWANGAN watermark.docx Download (1MB) |
Abstract
Firliani, Nurul. 2020. Penanaman Nilai-Nilai Keislaman di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nur Huda Nawangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Keislaman, TPA
Saat ini, Indonesia tengah mengalami degradasi moral. Yang mana pada realitanya, remaja maupun anak-anak cenderung bersikap sekuler, hedonistik, materialistik, yaitu manusia yang cerdas secara intelektualnya dan terampil fisiknya, namun kurang terbina mental spiritualitasnya. Tpa Nur Nawangan yang telah dididirikan oleh beberapa masyarakat Nawangan. Hadir dalam membentuk remaja islami yang mengamalkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari sehingga cerdas secara intelektualnya, keterampilan fisik dan spritualnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai keislaman di dalam taman pendidikan Al-Qur’an Nur Huda Nawangan selama ini, (2) Untuk mengetahui hambatan dalam proses penanaman nilai-nilai keislaman taman pendidikan Al-Qur’an Nur Huda Nawangan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai-nilai keislaman meliputi: a. Akidah : Penanaman nilai-nilai keislaman di bidang aqidah dilakukan melalui budaya hafalan rukun iman. b. Ibadah : Penanaman nilai-nilai keislaman di bidang ibadah dilakukan melalui kegiatan praktek sholat dan wudhu. c. Akhlak : Penanaman nilai-nilai keislaman di bidang akhlak dilakukan melalui budaya mencium tangan dan menghormati satu sama lainnya. Dan metode yang di gunakan dalam proses penanaman nilai-nilai keislaman adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman yang metode tersebut saling berkaitan satu sama lainnya. (2) hambatan penanaman nilai-nilai keislaman adalah Huda Nawangan meliputi minimnya sumber daya pengajar di TPA, minimnya wawasan yang dimiliki oleh sebagian ustadz maupun ustadzah mengenai nilai-nilai keislaman, sikap anak yang masih menganggap gurunya sebai teman sepermainan dan tidak sopan, taman pendidikan Al-Qur’an ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan komunikasi yang terjalin dengan wali murid masih kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Harjali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 02:32 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 03:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12397 |
Actions (login required)
View Item |