Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mlarak).

Muhammad Sajjad, Arsyad (2020) Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mlarak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARSYAD MUHAMMAD SAJJAD UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sajjad, Arsyad Muhammad. 2020. Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mlarak). Skripsi Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, M.Si.
Kata Kunci : Joyfull Learning, Tanggung Jawab.
Rendahnya tanggung jawab siswa terdahap tugas yang telah diberikan oleh guru di SMP Negeri 1 Mlarak. Oleh karena itu perlu adanya penerapan strategi pembelajaran yang sederhana dilakukan oleh guru dan menyenangkan bagi para siswa sehingga dapat menanamkan sikap tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan dari sikap tanggung jawab siswa melalui lima langkah dalam strategi Joyfull Learning. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan tiga teknik dalam pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa di SMP Negeri 1 Mlarak. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, observasi dan dokumentasi sikap tanggung jawab siswa. Hasil penelitian menunjukkan strategi Joyfull Learning dalam penanaman sikap tanggung jawab siswa terhadap tugas mengalami peningkatan yaitu pertama, menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Kedua, antusias dan bersemangat menerima tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:44
Last Modified: 17 Dec 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item