Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Qur`an Hadis Kelas VIII di MTs. Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2019/2020

Bigmanto, Reny Wahyu (2020) Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Qur`an Hadis Kelas VIII di MTs. Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316140 RENY WAHYU BIGMANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bigmanto, Reny Wahyu. 2020. Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hawwin Muzakki, M.Pd.I.
Kata kunci: Upaya Guru, Keaktifan Siswa, Pengelolaan Kelas
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan menejemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam menejemen kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif di dalam kelas.
Adapun tujuan peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui: (1) bentuk upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui pengelolaan kelas dalam pembelajaran Qur’an Hadis kelas VIII, (2) keaktifan siswa kelas VIII dalam pembelajaran Qur’an Hadis, (3) faktor pendukung dan penghambat keaktifan siswa kelas VIII pada pembelajaran Qur’an Hadis di Mts Al-islam Joresan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelititan ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Qur’an Hadis dapatdilakukan melalui perencanaan yang terdiri dari menyusun prota, promes, kalender pendidikan, silabus, dan RPP; melakukan usaha preventif dan kuratif dalam proses belajar mengajar,serta menciptakan iklim/suasana kelas yang memadai. (2) Keaktifan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis bersifat fisik dan nonfisik. Adapun keaktifan siswa yang bersifat fisik seperti siswa aktif bertanya, mengeluarkan pendapat dan aktif menjawab. Sedangkan keaktifan siswa yang bersifat nonfisik seperti siswa mencari berbagai informasi dalam pemecahan masalah, minat siswa mengikuti proses belajar mengajar,semangat dan antusias siswa selama proses pembelajaran. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajran Qur’an Hadis adalah banyaknya kegiatan yang diikuti siswa sehingga waktu belajarnya kurang baik, jam pelajaran terakhir. Sedangkan untuk faktor pendukung siswa dalam pembelajaran. Qur’an Hadis adalah dengan tersedianya fasilitas-fasilitas dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:30
Last Modified: 17 Dec 2020 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item