(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI, BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI) Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Dini Di Desa Karanggede Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan

Akhzani, Muaz (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI, BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI) Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Dini Di Desa Karanggede Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MUAZ AKHZANI.pdf

Download (884kB)

Abstract

ABSTRAK
Akhzani Muaz, 2020. Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Dini Di Desa Karanggede Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Skripsi.Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.
Kata Kunci : Pernikahan dini, MembentukKeluarga Sakinah
Pernikaan dini adalah akad atau perikatan antara laki-laki dan perempuan yang belum memiliki kesiapan baik secara fisiologis maupun psikologis dalam rangka membentuk keluarga sebagaimana dalam KHI Pasal 3 bahwa tujuan pernikahan yaitu membentuk keluarga yang sakinah,mawaddah dan warrahmah. Pernikahan dini erat kaitannya dengan tidak adanya kesiapan menikah, seperti kesiapan ilmu, kesiapan harta atau materi dan kesiapan secara fisik dan kesehatan. Namun lima pasangan yang melakukan pernikahan dini di Desa Karanggede membuktikan bahwa pada faktanya dengan melakukan pernikahan dini tidak menjadi penghalang untuk mewujudkan keluarga sakinah.
Berdasarkan uraian diatas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut; (1) bagaimana latar belakang pernikahan dini di Desa Karanggede Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan (2) bagaimana upaya mewujudkan keluarga sakinah pada pernikahan dini di Desa karanggede kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan?
Dengan pendekatan diskriptif kualitatif, skripsi akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan (field reseach) baik dengan wawancara, observasi, sebagai metode pengumpulan data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu, proses Analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai refrensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Latar belakang keluarga pernikahan dini di Desa Karanggede disebabkan beberapa faktor antara lain pertama faktor kemauan sendiri untuk menikah dini, kedua faktor rendahnya pendidikan baik dari orang tua ataupun si anak sendiri. Faktor ketiga adanya faktor konstruksi budaya dari lingkungan masyarakat yang mendorong mereka menikah dini 2) Terkait upaya yang dilakukan keluarga pernikahan dini untuk mewujudkan keluarga sakinah di Desa Karanggede terdapat beberapa yang sesuai sebagaimana dalam teori tetapi ada beberapa yang tidak terdapat dalam teori. Selain itu keluarga pernikahan dini di Desa Karanggede tidak seluruhnya melakukan sepuluh upaya seperti dalam teori. Melainkan hanya beberapa upaya yang nyata dilakukan oleh keluarga pernikahan dini di Desa Karanggede.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:50
Last Modified: 16 Dec 2020 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12384

Actions (login required)

View Item View Item