Dispensasi Kawin Perspektif Sadd Al-Dhari'ah (Studi Terhadap Penetapan Nomor 517/Pdt.p/2019/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo)

Rohmadina, Nurwahidah (2020) Dispensasi Kawin Perspektif Sadd Al-Dhari'ah (Studi Terhadap Penetapan Nomor 517/Pdt.p/2019/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Nurwahidah.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Rohmadina, Nurwahidah, 2020. Dispensasi Kawin Perspektif Sadd Al-Dhari>’ah (Studi Terhadap Penetapan Nomor 517/Pdt.p/2019/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Noviana, M.H.I

Kata kunci/keyword: Sadd Al-Dhari>’ah, Dispensasi Kawin
Pengadilan Agama merupakan Lembaga Peradilan yang memiliki wewenang memeriksa dan memutuskan perkara-perkara yang timbul antara orang-orang yang beragama Islam. Salah satu dari perkara keperdataan yang ditangani Pengadilan Agama adalah mengenai permohonan dispensasi kawin. Dalam skripsi ini, peneliti melakukan penelitian terhadap penetapan hakim tentang dispensasi kawin di Pengadilan Agama Ponorogo dan mengambil penetapan pada bulan Nopember tahun 2019 dengan alasan di tahun itulah adanya perubahan pembatasan usia perkawinan diberlakukan dan di bulan Nopember merupakan bulan pertama Pengadilan Agama Ponorogo menerapkan perubahan Undang-Undang itu.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Ponorogo dalam Penetapan Nomor 517/Pdt.P/2019/PA.Po Tentang permohonan dispensasi kawin perspektif Sadd Al-Dhari>’ah? (2) Bagaimana implikasi dari Penetapan Nomor 517/Pdt.P/2019/PA.Po Tentang permohonan dispensasi kawin terhadap para pihak perspektif Sadd Al-Dhari>’ah?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hakim Pengadilan Agama Ponorogo dalam mengabulkan permohonan Dispensasi Kawin sudah sesuai dengan konsep-konsep Sadd Al-Dhari>’ah yakni lebih mengutamakan menghindari madharat yang lebih besar daripada menarik kemaslahatan. Pertimbangan Hakim juga berlandaskan pada kaidah fiqhiyah yaitu Dar’ul mafasidi muqodamun ‘ala jalbil mashalih. Namun, Hakim kurang mempertimbangkan kesiapan calon mempelai untuk melangsungkan perkawinan. Yakni dalam hal kesiapan mental. Mengenai dampak negatif dari ditetapkannya permohonan tersebut terhadap keberlangsungan rumah tangga pelaku yang bersangkutan adalah tidak jarang terjadi pertengkaran yang disebabkan karena faktor ekonomi maupun perbedaan pendapat dari keduanya. Sedangkan dampak positifnya, kedua calon mempelai dapat sah untuk dinikahkan sehingga terhindar dari madharat yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:44
Last Modified: 16 Dec 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12380

Actions (login required)

View Item View Item