Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Membentuk Akhlak Siswa Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo

Fadlilah, Nur (2020) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Membentuk Akhlak Siswa Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUR FADLILAH_210316220_-1.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fadlilah, Nur. 2020. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Membentuk Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah 1Ponorogo,Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Akhlak, Siswa
Persoalan akhlak menjadi ukuran tinggi rendahnya derajat seseorang. Sekalipun seseorang dinilai sangat pintar, namun dengan perilaku yang memberontak, seperti suka melanggar norma agama atau melanggar peraturan pemerintah dan melanggar aturan sekolah, maka ia tidak dapat dikatakan seseorang yang baik. Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo selalu mengupayakan untuk memperbaiki akhlak siswa-siswinya. Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo terdapat satu organisasi siswa, yaitu Rohis yang memperhatikan pembentukan akhlak ini. Tujuan Penelitian ini yaitu:(1)Untuk menjelaskan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler rohis dalam membentuk akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.(2)Untuk mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler rohis dalam membentuk akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo(3)Untuk menjelaskan dalam perubahan akhlak siswa kegiatan ekstrakurikuler rohis dalam membentuk akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, dan teknik analisis Miles Huberman. pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis ditemukan bahwa:(1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler rohis didahului dengan adanya adanya analisis kebutuhan, penyusunan program dan menentukan materi-materi keagamaan seperti tentang materi Adabul Mara’ah tentang perempuan yakni menjelaskan tentang adab berpakaian yang di sampaikan oleh bapak anton terdapat di dalam buku Al- Islam, materi Shirah Nabawai menjelaskan tentang materi yang berkaitan dengan Ihsan yang di sampaikan oleh ibu ida terdapat di buku enisiklopedia akhlak rasulullah, dan juga materi tentang kemuhammadiyahan yang di sampaikan oleh bapak anton membahas tentang khittah Perjuangan materi ini termasuk ke dalam bentuk akhlak terhadap Allah terdapat pada buku kemuhammadiyahan.(2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler rohis di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dilakukan setiap hari jum’at setiap pukul 13.00-15.00 WIB. Dan didampingi oleh seorang pembina yang bernama bapak rozi. Melalu materi tentang Adabul Mara’ah bisa membentuk akhlak terpuji, sedangkan materi Shirah Nabawiah bisa meningkatkan akhlak terhadap Allah, dan juga materi kemuhammadiyahan bisa menjadikan siswa mempunyai akhlak terhadap Allah. Melalui rohis siswa di bentuk karakternya dan materi-materi melalui kegiatan penguatan sikap melaui kegiatan yang bersifat praktik (3) Perubahan pada siswa setelah mengikuti ekstrakurikuler rohis yakni siswa yang dulunya tidak melakukan solat berjamaah dan sekarang setelah masuk rohis sudah melakukan solat berjamaah, dan juga siswa yang dulunya kurang suka membaca al-qur’an sekarang setelah masuk ke dalam rohis siswa suka membaca al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:40
Last Modified: 16 Dec 2020 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item