(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2019/2020

Ngestiantoro, Ilham (2020) (TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD PERPUS_SKRIPSI_210316249_ILHAM NGESTIANTORO .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa secara konkrit bisa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa juga menjadi ukuran sejauh mana pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan siswa yang didapatkan dan juga dimiliki siswa setelah siswa mendapatkan pengalaman belajarnya. Namun pada kenyataannya di SMKN 1 Jenangan hasil belajar PAI siswa masih banyak yang dibawah KKM yaitu 65. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa aspek fisiologis dan psikologis seperti minat, motivasi, bakat, kecerdasan. Dan juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang bersifat regresi yang menghubungkan 3 variabel. Teknik analisanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik pengambilan sampling dengan teknik nonprobalbility sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket dan juga dokumentasi.

Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Minat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa dengan prosentase pengaruh (R2) sebesar 42,4% sehingga dapat dikatakan bahwa minat mempengaruhi hasil belajar sebesar 42,4% dan didapatkan nilai Sig. 0,012 < α 0,05. (2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa dengan prosentase pengaruh (R2) sebesar 16,6% dan nilai Sig. 0,017 < α 0,05. (3) Minat dan Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa dengan prosentase pengaruh (R2) sebesar 18,7% dan nilai Fhitung 3,555 > Ftabel 3,30 dan didapatkan nilai Sig. 0,041 < α 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:38
Last Modified: 16 Dec 2020 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item