PENGEMBANGAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI TAMAN SEKOLAH DI MIN 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Mistini, Mistini (2020) PENGEMBANGAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI TAMAN SEKOLAH DI MIN 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PENYERAHAN SKRIPSI PERPUSTAKAN_210615154_MISTINI(1).pdf

Download (727kB) | Preview
Official URL: http://etheses.iainponorogo.ac.id

Abstract

Mistini. 2020. Pengembangan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Taman Sekolah Di MIN 6 Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.

Kata Kunci : Cinta, Karakter, Lingkungan, Taman, Sekolah.

Pendidikan di sekolah sangat berperan untuk memahamkan dan mengembangakan karakter peserta didik akan pentingnya menjaga, merawat, dan mencintai lingkungan hidup, mulai dari lingkungan taman, lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal. pendidikan karakter cinta lingkungan, dimana pendidikan karakter itu sendiri memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan tentang masalah benar-salah, akan tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pemanfaatan taman sekolah di MIN 6 Ponorogo, mengetahui dampak pemanfaatan taman sekolah terhadap pengembangan karakter cinta lingkungan di MIN 6 Ponorogo, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan mengembangkan karakter cinta lingkungan MIN 6 Ponorogo. Penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrument dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemanfaatan taman sekolah di MIN 6 Ponorogo antara lain untuk mengembangkan karakter cinta lingkungan, menciptakan keindahan dan kesejukan, serta sebagai sumber belajar, dampak pemanfaatan taman sekolah di MIN 6 Ponorogo diantaranya siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, memiliki rasa tanggung jawab, siswa terbiasa merawat tanaman dan menjaga kebersihan, dan faktor pendukung dalam upaya pengembangan karakter cinta lingkungan di MIN 6 Ponorogo adalah adanya dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa untuk mencintai lingkungan sekitar, dan lokasi sekolah yang sering terjadi banjir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:35
Last Modified: 17 Dec 2020 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item