Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/Pojk.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Pada Aplikasi Akulaku

Riyono, Indra Agung (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/Pojk.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Pada Aplikasi Akulaku. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
INDRA AGUNG RIYONO_210213259.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

INDRA AGUNG RIYONO. 2019. “Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada Aplikasi Akulaku.”. Skripsi. Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata Kunci: Pinjammeminjamonline(Fintech), Peraturan OJK
Skripsi ini mengkaji tentang implementasi pengaturan otoritas jasa keuangan pada aplikasi akulaku dilihat dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi, dan ditinjau dari segi hukum Islam terutama dalam konsep maslahah mursalah.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengupas tentang kebijakan dalam proses layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi sesuai hokum positif Indonesia yang diulas dengan hukum Islam serta keterkaitan antara keduanya dalam praktik di lapangan. Untuk mengetahui konsep Maslahah Mursalah pada hukum Islam dalam membahas kepentingan umum.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dimana mengedepankan penerapan suatu peraturan terhadap apa yang terjadidilapangkan, dalamhaliniperaturan yang digunakan adalah POJK Nomor 77/ POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Berbasisi Teknologi Informasi dalam pelaksanaanya di aplikasi akulaku.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Akulaku adalah salah satu platform penyedia fintech yang telah terdaftar pada POJK dan dalam penerapannya masih banyak terdapat kelemahan yang memberatkan nasabah seperti suku bunga yang tinggi, denda keterlambatan, dan penagihan yang kurang sesuai. Dalam maslahah mursalah juga diatur tentang hal pinjam meminjam yang mana pinjam meminjam ditujukan untuk saling membantu dan tidak diperbolehkan adanya riba didalam praktiknya.Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Jasa Keuangan. Namun adanya peraturan OJK tersebut belum mampu memberikan kepastian hukum baik dalam pemberian sanksi maupun dalam penerapan peraturan itu sendiri sehingga belum terwujudnya keadilan yang dirasakan bagi para pihak didalamnya baik itu sebagai kreditur maupun debitur. Dalam maslahah mursalah pada prinsipnya merupakan suatu upaya dalam menetapkan hukum dengan mendasarkan atas kemaslahatan umat pada keadaan hukum yang tidak terdapat dalam nash atau ijma’ dan tidak bertentangan dengan nashy ang qath’I, serta semata-mata utntuk menjaga kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:34
Last Modified: 16 Dec 2020 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item