Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Pada Ganti Rugi Pengadaan Tanah Waduk Bendo, Sawoo, Ponorogo

Maharani, Heppy (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Pada Ganti Rugi Pengadaan Tanah Waduk Bendo, Sawoo, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HEPPY MAHARANI_210214317.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Heppy Maharani. 2020. Tinjauan Maṣlaḥah terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum pada Ganti Rugi Pengadaan Tanah Waduk Bendo. Sawoo, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.

Kata Kunci: Ganti Kerugian, Maṣlaḥah, Kepentingan Umum, Pengadaan Tanah

Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan ganti rugi pengadaan tanah waduk bendo implementasi peraturan Undang-Undang no. 2 tahun 2012 ditinjau dari segi maṣlaḥah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupas tentang kebijakan dalam proses pelaksanaan ganti kerugian tanah untuk kepentingan umum dalam praktik di lapangan sehingga dapat melihat maṣlaḥah dalam membahas ganti kerugian dalam Undang-Undang no. 2 tahun 2012.
Rumusan masalah yang pertama membahas tentang tinjauan maṣlaḥah terhadap implementasi Undang-Undang no. 2 tahun 2012 terhadap kewenangan pemerintah daerah dalam penyampaian bentuk dan besaran ganti kerugian tanah waduk Bendo terhadap masyarakat. Rumusan masalah yang kedua membahas tentang tinjauan maṣlaḥah terhadap implementasi Undang-Undang no. 2 tahun 2012 terhadap prosedur pengadaan tanah waduk Bendo.
Penelitian ini menggunakan metode bersifat kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mendekati masalah itu dengan baik atau buruk, sesuai atau tidak menurut hukum yang berlaku, dengan tolak ukur nash-nash dalam syari’at Islam serta mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang terjadi sekarang. Dalam hal ini peraturan yang digunakan adalah Undang-Undang nomor 2 tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum dalam pelaksanaanya di kabupaten Ponorogo.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk dan besaran ganti rugi sudah sesuai dengan perundang-undangan kebijakan Pemerintah tersebut membawa maslahat bagi seluruh warga terdampak pembangunan Waduk Bendo. Cakupan kepentingan umum dalam hukum Islam disebut dengan maṣlaḥah al-ammah karena menyangkut masyarakat luas hal ini terbukti dengan terpenuhinya tuntutan ganti rugi masyarakat. Prosedur pengadaan tanah dalam penerapannya kurang sesuai dengan peraturan perundang-undangan namun kebijakan Pemerintah membawa maslahat bagi seluruh warga terdampak. Pengadaan tanah untuk kepentingan umum secara rinci tidak dijelaskan dalam al-Quran dan Hadits, sehingga dalam penyelesaian hukumnya dapat menggunakan konsep-konsep maṣlaḥah mursalah karena permasalahan yang terdapat dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum tergolong dalam masalah keduniawian dan bertujuan untuk kepentingan masyarakat umum atau kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:31
Last Modified: 16 Dec 2020 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item