Peran Guru PAI dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa Kelas XI di SMAN 1 Jenangan Kab. Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Friscawaty, Regiananda Oktavia (2020) Peran Guru PAI dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa Kelas XI di SMAN 1 Jenangan Kab. Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316032 REGIANANDA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Friscawty, Regiananda Oktavia. 2020. Peran Guru PAI dalam Peningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas XI di SMAN 1 Jenangan Kab. Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Waris, M.Pd.
Kata kunci : Peran, Guru PAI, Karakternya Religius
SMAN 1 Jenangan merupkan sekolah berbasis non keagamaan. Nilai-nilai religus yang ada pada diri siswa masih kurang. Sehingga masih banyak terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh siswa seperti tidak mengikuti sholat dhuha berjamaah, tidak membaca Al-Quran dan asmaul husna, beberapa siswa belum lancar membaca Al-Quran, tidak mengikuti sholat dzuhur berjamaah, tidak mengikuti kegiatan Jumat qolbu. Seorang guru agama dituntut tidak hanya mengajarkan ilmu agama Islam dalam proses pembelajaran, tetapi juga melakukan upaya lain yang dapat membantu mencapai tujuan pendidikan Islam. Upaya tersebut antara lain diwujudkan melalui upaya para guru agama dalam membina suasana religius di sekolah. Adapun suasana religius merupakan ciptaan para pendidik dan siswanya tercermin dalam upaya pemahaman ajaran agama, keluhuran peserta didik, segera menyadari dan memperbaiki kesalahan tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan (2) Mengetahui apa saja factor penghambat dalam peningkatan karakter religious siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan ditanyakan. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana saat penelitian ini berlangsung. Lalu teknik analisis data dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman yng mencakup reduksi data (data reduction), penyajin data (data display), dan penarikn kesimpulan (verivikasi) secara induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan di atas, dapat disimpulkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan karakter religius siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan melalui peran guru sebagai pengajar, teladan, motivator, pembimbing, pemimpin, sumber belajar, fasilitator, dan pengelola telah terlaksana dengan baik. (2) Faktor penghambat dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan antara lain: Masalah perekonomian siswa. Pelajaran PAI hanya dua jam dalam seminggu. Guru bertanggung jawab terhadap pembentukan akhlak siswa dan kurangnya kesadaran siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:30
Last Modified: 16 Dec 2020 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12360

Actions (login required)

View Item View Item