Pengaruh Rekrutmen dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo

Sari, Desti Nawang (2020) Pengaruh Rekrutmen dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216058 DESTI NAWANG SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

DESTI NAWANG SARI. 2020. Pengaruh Rekrutmen dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd

Kata Kunci : Rekrutmen, Kompetensi, Kinerja Guru

Dalam pendidikan, guru menjadi komponen terpenting diantara komponen lainnya. Keberadaan guru menentukan keberhasilan proses pendidikan. Dalam hal ini, kinerja guru menjadi faktor utama dalam kemajuan pendidikan. Pelaksanaan rekrutmen menjadi hal yang sangat penting dan krusial karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan sekolah sangat bergantung pada prosedur rekrutmen yang dilaksanakan. Apabila pelaksanaan rekrutmen dilakukan sesuai dengan standar dan kebutuhan dari sekolah maka rekrutmen memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini juga diiringi dengan kompetensi yang dimiliki guru, karena jika kompetensi yang dimiliki guru sesuai dengan tugas yang diberikan maka akan berpengaruh terhadap kinerja dari guru tersebut, sebagaimana yang dialami guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.
Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh rekrutmen terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (2) untuk mengetahui signifikansi kompetensi terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh rekrutmen dan kompetensi terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan responden sebanyak 55 guru SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rekrutmen terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo dengan diperolehnya Thitung = 3,719 > Ttabel = 2,006 sehingga H0 ditolak. Besar koefisien determinasi R2 sebesar 0,207 yang berarti bahwa rekrutmen berpengaruh sebesar 20,7% terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo, sedangkan 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo dengan diperolehnya Thitung = 5,822 > Ttabel = 2,006 sehingga H0 ditolak. Besar koefisien determinasi (R2) sebesar 0,390 yang berarti bahwa kompetensi berpengaruh sebesar 39% terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo, sedangkan 61% dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rekrutmen dan kompetensi terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo dengan diperolehnya Fhitung = 19,289 > Ftabel = 3,18 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rekrutmen dan kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Besar koefisien determinasi (R2) sebesar 0,426 berarti bahwa rekrutmen dan kompetensi berpengaruh sebesar 42,6% terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo, sedangkan 57,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:24
Last Modified: 16 Dec 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12355

Actions (login required)

View Item View Item