TINJAUAN IJARAH TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA AKUN OJEK ONLINE OLEH ANGGOTA KOMUNITAS PONOROGO OJEK ONLINE SINGO ALOON-ALOON INDEPENDEN DI KABUPATEN PONOROGO

Faizin, Ikbalul (2020) TINJAUAN IJARAH TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA AKUN OJEK ONLINE OLEH ANGGOTA KOMUNITAS PONOROGO OJEK ONLINE SINGO ALOON-ALOON INDEPENDEN DI KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
perpus upload foxs.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Faizin, Ikbalul, 2020. Tinjauan Ijarah Terhadap Praktik Sewa-Menyewa Akun Ojek Online Oleh Anggota Komunitas Ponorogo Ojek Online Singo Aloon-Aloon Independen Di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Endrik Saifudin, S.H.I., M.H.
Kata Kunci: Ijarah, Akibat Hukum, Akun Ojek Online.
Pada praktik akad sewa-menyewa akun ojek online yang terjadi di komunitas Ponorogo Ojek Online Singo Aloon-Aloon Independen dilakukan dengan menggunakan akun dari pemilik akun yng disewa oleh penyewa akun untuk menjadi driver ojek online, syaratnya berupa pemberian jaminan KTA/Identitas penyewa kepada pemilik akun. Pembayaran/upah dalam akad tersebut tidak menentu, tergantung dalam kesepakan akad baik berupa uang atau barang. Dalam praktik transaksi sewa akun muncul permasalahan yaitu: (1) berkaitan dengan keabsahan dari akad sewa akun ojek online oleh anggota komunitas Ponorogo Ojek Online Singo Aloon-Aloon Independen di Kabupaten Ponorogo. Jika ditinjau dengan aturan Ijarah. (2) apa Akibat hukum yang timbul karena akad sewa-menyewa akun ojek online oleh anggota komunitas Ponorogo Ojek Online Singo Aloon-Aloon Independen di Kabupaten Ponorogo jika ditinjau dengan aturan Ijarah.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan ijarah terhadap praktik akad sewa-menyewa akun ojek online oleh anggota komunitas POOSA Independen di Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan ijarah terhadap akibat hukum akad sewa-menyewa akun ojek online oleh anggota komunitas POOSA Independen di Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) tinjauan ijarah terhadap praktik akad sewa-menyewa akun ojek online oleh anggota komunitas POOSA Independen di Kabupaten Ponorogo dapat disimpulkan bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan, karena dalam akad tersebut tidak sesuai dengan aturan dalam rukun dan syarat ijarah. (2) tinjauan ijarah terhadap Akibat hukum akad sewa-menyewa akun ojek online oleh anggota komunitas POOSA Independen di Kabupaten Ponorogo dapat disimpulkan bahwa Akibat hukum yang lahir karena akad sewa-menyewa akun ojek online di Kabupaten Ponorogo menjadikannya tidak mengikat kedua belah pihak, baik penyewa maupun pemilik akun, tidak menjadikan timbulnya hak dan kewajiban antara keduanya yang harus dipenuhi. Akad tersebut masuk kategori akad yang batil karena akad tersebut melanggar ketentuan syara’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 01:32
Last Modified: 15 Dec 2020 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item