Arah Kiblat Masjid di Kecamatan Kare Ditinjau dari Metode Pengukuran Arah Kiblat (Rasd Al-Qiblah) Harian

Asih, Roro Welas (2020) Arah Kiblat Masjid di Kecamatan Kare Ditinjau dari Metode Pengukuran Arah Kiblat (Rasd Al-Qiblah) Harian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RORO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Welas Asih, Roro, 2020, Arah Kiblat Masjid di Kecamatan Kare Ditinjau dari Metode Pengukuran Arah Kiblat (Ras}d al-Qiblah) Harian, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata kunci : Arah Kiblat, Deviasi, Ras}d Al-Qiblah
Di dalam Islam, ibadah yang paling awal di syari’atkan adalah salat, Dalam menjalankan kewajiban salat, tidak semena-mena hanya menjalankannya begitu saja tanpa memperhatikan rukun dan syaratnya. Banyak rukun dan syarat yang wajib diketahui dan dipenuhi sebelum maupun saat menjalankan ibadah salat. Salah satu syarat untuk menjalankan salat secara sah dan benar adalah mengetahui arah kiblat dan cara menentukan arah tersebut adalah sangat yakin-seyakinnya telah menghadap kiblat. Seiring dengan perkembangan zaman kita dapat mengetahui secara pasti arah kiblat dengan cara mempelajari ilmu falak. Akan tetapi, yang terjadi pada masyarakat adalah dapat mengetahui dan menentukan arah kiblat dengan menggunakan kompas ataupun hanya mengira-ngira dan sedikit sekali yang menggunakan alat yang biasa digunakan. Di Indonesia sendiri masalah arah kiblat juga menjadi hal yang masih diperdebatkan yang mengundang pro dan kontra. Seperti yang dikemukakan Prof. Dr. Susiknan Azhari bahwa di tahun 2010 lalu salah satu TV swasta memberitakan sekitar 193 masjid yang ada di Indonesia banyak di antaranya arah kiblatnya tidak sesuai. Hal ini mengindikasikan bahwa pada kenyatannya masyarakat pada umumnya masih awam terhadap masalah arah kiblat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kondisi arah kiblat masjid di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana deviasi arah kiblat masjid di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun di ukur dengan menggunakan metode ras}d al-qiblah harian?

Adapun jenis penelitian yang di Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan yuridis normatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. sedangkan analisis menggunakan tekhnis analisis penelitian mendialogkan teori hukum dengan ralitas yang terjadi di lapangan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi arah kiblat di masjid Kecamatan berbeda-beda. Namun diantara lima (5) sampel masjid yang telah diteliti arah kiblatnya sama, yaitu menghadap ke barat dengan kemiringan yang bervariasi.Berdasarkan pengukuran dengan menggunakan metode ras}d al-qiblah harian penyimpangan arah kiblat masjid yang paling banyak adalah masjid al-Firdaus yaitu sebanyak 30 sedangkan penyimpangan masjid yang sedikit adalah masjid Baitu Muttaqin yaitu hanya melenceng 5

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:10
Last Modified: 15 Dec 2020 00:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item